SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show atau IIMS 2023 di JIExpo Kemayoran pada Kamis (16/2/2023). (Bisnis/Anshary Madya Sukma)

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show atau IIMS 2023 di JIExpo Kemayoran pada Kamis (16/2/2023).

Jokowi mengatakan pertumbuhan kinerja penjualan kendaraan bermotor roda empat (R4) yang sudah berada pada level 1 juta unit lebih dan roda dua (R2) pada 5 juta unit merupakan tren positif untuk sektor otomotif Tanah Air.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Tren ini diharapkan bisa dipertahankan atau ditingkatkan untuk ke depan. “Mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show 2023 hari ini,” ucap Jokowi.

Dalam pembukaan pameran otomotif ini, Jokowi juga meminta kepada pelaku industri otomotif di Indonesia agar meningkatkan ekspor. Sebab, kata Jokowi, volume kendaraan bermotor saat ini sudah terlalu padat hingga menyebabkan kemacetan di mana-mana.

“Akibatnya kita sekarang macet di mana-mana, Jakarta macet, Surabaya macet, Bandung macet karena penjualan mobil dan motor sangat besar sekali. Saya mengajak industri otomotif untuk ekspor,” jelasnya.

Meski Jokowi mengapresiasi peningkatan ekspor tahun lalu sudah meningkat cukup baik, menurutnya volume ekspor tersebut masih kalah dari Thailand.

“Memang peningkatan sudah tajam untuk tahun lalu, tapi kita masih kalah dengan Thailand hingga saya ingin mendorong lagi ekspornya di setiap tahunnya,” ungkapnya. Adapun, brand yang sudah dipastikan hadir pada pameran otomotif tersebut di antaranya dari deretan roda empat, yakni Astra Daihatsu, BMW, Chery, DFSK, Esemka, Honda, Hyundai, Jeep, Mitsubishi, MG, Prestige, Subaru, Suzuki, Toyota, dan Wuling.

Ditambah lima merek lainnya dari Indomobil Group yaitu Audi, Citroen, KIA, Nissan, Volkswagen (VW). Sementara itu, untuk brand sepeda motor akan diramaikan oleh Astra Honda Motor, Benelli-Keeway, Energica, Husqvarna, Italjet, Kawasaki, KTM, Moto Bologna Passione (MBP), Niu, Royal Alloy, Royal Enfield dan Yamaha.

Sedangkan merek kendaraan listrik roda dua diikuti oleh Alva, Gelis, Gesits, Ion Mobility, Ofero, Polytron, Rakata, Selis, Smartby dan United. Sebagai salah satu highlight, Yadea yang merupakan brand roda dibawah naungan Indomobil Group, pertama kali memamerkan produk di IIMS 2023.

Dukung Transportasi Massal

Di sisi lain Presiden juga menekankan bangsa Indonesia harus memberikan dukungan terhadap pengembangan dan keberadaan transportasi massal.

Hal itu ditekankan Jokowi saat menjawab pertanyaan wartawan tentang utang kereta cepat, di sela-sela kegiatannya meninjau pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Tahun 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Kamis.

“Kita ini harus pro kepada transportasi massal. Hati-hati jangan pro pada kendaraan pribadi, meski ini di IIMS,” kata Jokowi seperti dilansir Antara.

Presiden menyampaikan karena pro terhadap transportasi massal maka moda mass rapid Transit (MRT), lintas rel terpadu (LRT), kereta api, dan kereta cepat menjadi sebuah keharusan bagi kota-kota besar.

“Agar moda transportasi terintegrasi, baik dalam kota maupun dari kota ke kota, sehingga orang tidak cenderung pada mobil pribadi,” ujarnya.

Pada acara pembukaan IIMS itu, Jokowi juga mencermati kemacetan di jalan raya di berbagai daerah saat ini, seiring dengan peningkatan penjualan kendaraan bermotor.

Oleh karena itu, Presiden meminta industri otomotif agar lebih berorientasi pada ekspor kendaraan bermotor guna mengurangi kemacetan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya