SOLOPOS.COM - Perempuan berbisnis online (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO — Ramadan sebentar lagi tiba. Biasanya momentum ini juga dimanfaatkan oleh pelaku usaha khususnya kalangan UMKM untuk meningkatkan penjualannya. Namun bisnis apa kira-kira yang cocok untuk dijalankan selama Ramdan dan Lebaran nanti?

Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak, mengatakan dari data internal Tokopedia, selama Ramadan 2022 terdapat peningkatan jumlah product page view sebesar 50% dan peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77% dibandingkan Ramadan 2021.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Menurutnya perlu strategi khusus agar usaha di bulan Ramadan berjalan sesuai harapan. Salah satunya, kita harus mencari tahu dulu produk yang sedang laris. Ini bisa menjadi ide jualan online di bulan puasa.

“Melakukan riset untuk melihat produk yang paling diminati masyarakat, khususnya selama bulan puasa, sangat penting dilakukan oleh pelaku usaha,” kata dia dalam rilis, Rabu (9/3/2023).

Menurutnya bagi pelaku UMKM yang menggunakan Tokopedia, bisa memanfaatkan fitur Wawasan Pasar di Tokopedia. Fitur ini memungkinkan penjual melihat kata kunci yang paling sering dicari atau digunakan pembeli, hingga produk yang terpopuler berdasarkan daerah dan kategori.

Berdasarkan data di Tokopedia, produk seperti kartu ucapan, hampers atau parsel kue kering serta perlengkapan rumah tangga, seperti bantal dan guling, menjadi beberapa produk yang paling banyak diburu masyarakat selama bulan puasa 2022.
Setelah itu, penjual bisa mempercantik halaman toko dan produk agar lebih memikat sehingga lebih banyak yang tertarik membeli. Untuk mendukung strategi itu, Tokopedia juga telah menyiapkan fitur Dekorasi Toko.

Selain tampilan toko dan produk, biasanya program promo gratis ongkos kirim atau ongkir juga menjadi daya tarik tersendiri.
“Berdasarkan data internal Tokopedia, lebih dari setengah pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir,” kata Nuraini. Di Tokopedia, penjual dapat mengaktifkan fitur Bebas Ongkir untuk meningkatkan penjualan.

Dia juga menyampaikan jika menjual produk parsel Ramadan, juga bukan pilihan salah untuk dijalankan di bulan puasa. Sebab sepanjang Ramadan 2022, penjualan parsel di Tokopedia tercatat melonjak hampir dua kali lipat. Menurutnya pada Ramadan tahun ini, penjual bisa mendongkrak penjualan lewat halaman khusus Parsel Ramadan di Tokopedia.

Terakhir, dia juga menyarankan agar penjual di Tokopedia bisa memanfaatkan TopAds Tokopedia Marketing Solutions untuk promosi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya