SOLOPOS.COM - Suasana perumahan subsidi di wilayah Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali pada Senin (19/6/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SOLO — Ketua Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Soloraya, Samari menjelaskan berdasarkan data Apersi saat ini pengembangan rumah subsidi di Kabupaten Boyolali banyak terbesar di sektor utara.

Misalnya di kawasan Waduk Cengklik, Kecamatan Nogosari, Kecamatan Simo, Kecamatan Sambi, dan ada beberapa di titik di Kecamatan Randusari.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Sementara itu, untuk pengembangan perumahan komersial atau nonsubsidi ada di beberapa titik, misalnya di Pengging, Teras, Boyolali, dan banyak tersebar juga di Donohudan.

Camat Ngemplak, Ari Wahyu Prabowo, mengatakan saat ini Waduk Cengklik sangat potensial menjadi salah satu destinasi wisata. Terlebih, dengan adanya revitalisasi waduk dan semakin tumbuhnya warung, restoran, dan coffee shop khususnya di wilayah Desa Sobokerto.

Hal itu menjadi magnet masyarakat untuk datang. Ia juga menjelaskan banyak perumahan yang mulai muncul di Kecamatan Ngemplak. Namun ia mengaku kurang mengetahui detail harga tanah di sana.

“Memang sudah cukup tinggi, apalagi wilayah di sekitar wilayah sekitar Cengklik, Bandara Adi Soemarmo dan wilayah yang strategis,” ujar Ari saat dihubungi Solopos.com pada Jumat (7/7/2023).

Daftar Rumah Subsidi

Sementara itu berdasarkan laman sikumbang.tapera.go.id, yang diakses Solopos.com pada Senin (10/7/2023), terdapat 11 lokasi perumahan di wilayah Kecamatan Ngemplak, Boyolali dengan total 882 jumlah unit terdaftar.

Kemudian ada 91 jumlah unit subsidi dan sebanyak 727 unit subsidi terjual. Terdapat 22 unit komersial dengan total 29 unit komersial terjual.

Banyak rumah subsidi yang ditawarkan di kawasan Waduk Cengklik, misalnya di Desa Ngargorejo ada Bumi Cengklik Asri 2 ada 50 unit subsidi ditawarkan, ada juga delapan unit subsidi yang juga ditawarkan di Bumi Cengklik Asri.

Masih ada juga delapan unit subsidi dan lima unit komersial yang ditawarkan di Cengklik Permata Asri 2. Sementara itu, di Cengklik Permata Asri masih ada satu unit subsidi dan tiga unit komersial. Di Griya Alam Asri 1 ada unit subsidi dan tuju h unit komersial yang ditawarkan.

Kemudian di Desa Sawahan ada Lianha Land Meletan Village dengan delapan unit subsidi ditawarkan. Ada pula dua unit subsidi yang ditawarkan oleh Perumahan Mirai Jati.

Selanjutnya di Desa Manggung ada enam unit subsidi dan komersial yang ditawarkan di Mahkota Alam Ngemplak I. Ada juga Perumahan Berlian Manggung yang menawarkan masing-masing satu unit subsidi dan komersial.

Di Desa Kismoyoso ada satu unit subsidi yang ditawarkan di Perum Fazzira Regency 2. Ada juga delapan unit subsidi yang ditawarkan Perum Fazzira Regency 2 di Des Giriroto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya