SOLOPOS.COM - Pengunjung Festival Kuliner Chef Collaboration bertajuk Barbeque Last Friday di Canting Londo Solia Zigna Kampung Batik Laweyan, Jumat (25/8/2023). (Solopos.com/Maymunah Nasution).

Solopos.com, SOLO — Canting Londo Kitchen yang merupakan bagian dari hotel Solia Zigna Kampung Batik Laweyan kembali menggelar Festival Kuliner Chef Collaboration bertajuk Barbeque Last Friday, Jumat (25/8/2023) lalu.

Gelaran ini merupakan agenda keempat yang berlangsung setiap Jumat terakhir di akhir bulan. Barbeque Last Friday kali ini menghadirkan kolaborasi antara beberapa chef andalan dari beberapa restoran tersohor dan Executive Chef Canting Londo Kitchen dari Solia Zigna Kampung Batik Laweyan, Chef Dimas.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Beberapa chef yang digandeng Dimas antara lain Sous Chef Pendopo Yoso dari hotel Solia Yosodipuro, Chef Gunawan, Chef dari Kutumba Resto & Café Solo, Chef Riyandi, serta Chef dari Wonderlust Espressp Bar & Kitchen Yogyakarta, Chef Adhitya Swara.

Signature dish yang dihidangkan pada Jumat malam itu memiliki kekhasan masing-masing.

Canting Londo Kitchen menghadirkan amouse bouche atau hidangan pembuka berupa prawn atau udang, tuna gohu, hidangan khas Ternate berupa sashimi ikan tuna mentah, escargot, hidangan khas Perancis dengan bahan baku daging bekicot, dan pulled beef con carne yang terbuat dari daging sapi.

Hidangan pembuka tersebut disajikan dalam piring yang kemudian dihias dengan batu-batu putih pipih sebagai dasar peletakan hidangan. Sebelum disajikan kepada pengunjung, amouse bouche dari Canting Londo Kitchen disiram dengan nitrogen untuk memberi kekhasan rasa di lidah.

Sementara, hidangan utama Canting Londo Kitchen berupa smooked brisket yang terbuat dari daging sandung lamur sapi, mahi-mahi en croute berupa daging ikan lemadang yang disajikan dengan campuran krim serta dilapisi adonan puff pastry, dan smooked chicken dari daging ayam.

Smooked brisket Canting Londo Kitchen memiliki tekstur yang empuk dengan rasa yang meresap di dalam dagingnya.

Sementara itu, Wonderlust Yogyakarta menyajikan pepes tombek bakar lengkap dengan nasi putih dan rice paper yang dihiasi puree kemangi.

Pepes tombek bakar memiliki kekhasan rasa gurih dengan tekstur lembut sementara puree kemangi memberi sensasi segar saat menikmati rice paper sebagai hidangan pelengkap.

Chef Adhitya Swara juga menghidangkan pan seared mahi-mahi.

Pendopo Yoso dari Solia Yosodipuro menyajikan beef oxtounge Padang dan malbi rouled chicken. Sementara, Kutumba Resto & Café menyajikan opor roulade ayam dan shortplate maranggi.

Tidak hanya hidangan makanan, Barbeque Last Friday juga menyajikan berbagai signature mocktail, artisan tea, craft coffee, dan hidangan minuman yang enak serta kaya rasa.

“Mulai dari Rp180.000 nett/orang, pengunjung dapat menikmati sajian yang dihidangkan dengan sepuasnya, mulai dari makanan pembuka, sup, main course, serta hidangan penutup kali ini,” papar Executive Secretary & Public Relation Solia Zigna Kampung Batik Laweyan, Yuke Anastasia, Jumat (25/8/2023).

Yuke menambahkan, acara akan konsisten diadakan pada Jumat terakhir di setiap bulannya pada 2023 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya