SOLOPOS.COM - Anteran di pos masuk parkir mobil di Solo Square, pada Senin (17/4/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SOLO — Bagi sebagian warga Solo, menjelajahi pusat perbelanjaan menjelang Lebaran 2023 menjadi agenda tahunan yang tidak bisa dilewatkan. Sejumlah orang mengajak serta keluarga dan kerabat, berbondong-bondong pergi mencari busana baru.

Mereka memilih mal menjadi tujuan berbelanja.  Ragam busana yang tersedia dalam satu tempat menjadi salah satu faktornya. Label diskon ramai-ramai pula dipasang, membuat hati terpincut

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Selain menjadi tujuan berbelanja baju baru, banyak orang memilih mal karena area food court yang menyediakan banyak menu makanan besar hingga jajanan. Beragam pilihan di pujasera tersebut menjadi tempat akhir pengunjung untuk menunggu waktu berbuka.

Solopos.com mengunjungi beberapa mal di sejumlah Kota Solo, salah satunya di Solo Grand Mall pada Minggu (16/4/2023). Pusat perbelanjaan yang diklaim tertua di Solo itu ramai diskon dan beragam tawaran menarik lainnya menjelang Lebaran 2023.

Meski waktu berbuka masih lama, yakni pada pukul 17.00 WIB, area foodcourt telah dipadati pengunjung. Sejumlah kursi penuh ditempati pengunjung, harus menunggu pengunjung lain beralih untuk bisa duduk. Semakin malam antrean makin ramai.

Selain antrean untuk makan, antrean sepeda motor juga terjadi saat Solopos.com, keluar dari mal, waktu malam hari. Hanya ada tiga pos keluar untuk sepeda motor dan satu pos keluar untuk mobil di area parkir lantai satu Solo Grand Mall.

Tiga pos keluar sepeda motor tersebut, satu di antaranya melayani nontunai, sedangkan dua lainnya untuk pelanggan yang ingin membayar secara tunai.

Setidaknya butuh 15 menit untuk menunggu keluar dari Solo Grand Mall. Antrean panjang tersebut terjadi karena para pengunjung memilih pos keluar dengan sistem pembayaran tunai.

Tak lama, petugas mengarahkan pengunjung ke pos keluar nontunai untuk dilayani secara tunai, mencegah antrean sepeda motor mengular.

Sebelumnya untuk mencari tempat parkir sepeda motor cukup mudah, karena area parkir yang disediakan cukup luas. Di samping itu, ada pos parkir di luar area mal, yang bisa menjadi opsi lain.

Guna melihat kepadatan mal di masa Lebaran 2023, Solopos.com, mengunjungi Solo Paragon Mall, Senin (17/4/2023). cukup sulit mencari lokasi parkir sepeda motor di area basement mal tersebut.

Jarak masing-masing sepeda motor cukup tipis, sehingga cukup sulit untuk masuk ataupun keluar.

Salah satu pengunjung, Agus, menguraikan ia dari Salatiga kemudian datang ke Kota Solo. Ia bersama keluarga ingin berbelanja dan makanan di Solo Paragon Mall, memang hal ini jadi rutinitasnya setiap kali mengunjungi cucunya di Salatiga.

“Memang biasanya kalau ke mal itu ke Solo, ke Paragon atau The Park. Lebih lengkap di Solo, dari pada ke Semarang,” ujar Agus saat ditemui Solopos.com, pada Senin.

Agus mengatakan ketika sore hari, ia masih relatif mudah menemukan lokasi parkir mobil.

Sementara saat malam hari, ketika kesulitan menemukan lokasi parkir, biasanya memutuskan untuk berpindah mal, atau mengurungkan niat dan balik kanan kembali.

Namun, kadangkala ia memilih untuk berputar di area parkir menunggu mobil lain untuk keluar. Ketika lokasi parkir penuh, ia bisa menghabiskan waktu hingga 20 menit.

Sementara itu, di Solo Square, tempat parkir yang berada di luar mal menjadi favorit pengunjung pengguna sepeda motor dibandingkan parkir yang telah disediakan di area mal. Solo Square telah menerapkan sistem parkir nontunai seluruhnya, untuk sepeda motor.

Salah satu pengunjung, Rifqi, menguraikan lebih memilih parkir di luar mal, karena ia lebih menyukai sistem pembayaran tunai, dibandingkan cashless. Selain menurutnya lebih praktis, kadangkala ia tidak mempunyai saldo e-wallet ataupun kartu e-money.

“Untuk parkir motor enggak sulit, parkir di depan nanti diatur oleh petugas,” ujar Rifqi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya