SOLOPOS.COM - Ilustrasi memilih investasi online (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Generasi milenial memiliki kepekaan teknologi yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Kepekaan teknologi tersebut dapat dilihat dari penggunaan smartphone yang sangat tinggi dan aktivitas sehari-hari yang dilakukan serba online.

Kepekaan teknologi generasi milenial didukung oleh inovasi pada sektor pasar modal. Sehingga tak jarang kaum milenial sekarang lebih paham melakukan investasi secara online.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat jumlah investor saham di pasar modal Indonesia tembus 4 juta. Berdasarkan data KSEI pada akhir semester I tahun 2022, jumlah Single Investor Identification (SID) telah mencapai 4.002.289, dengan 99,79% merupakan investor individu lokal.

Sejak 2021 jumlah investor saham telah meningkat 15,96% dari 3.451.513 di akhir tahun 2021 menjadi 4.002.289 pada akhir Juni 2022. Tren peningkatan tersebut telah terlihat sejak tahun 2020 ketika investor masih berjumlah 1.695.268. Pada akhir semester I tahun 2022, investor saham didominasi oleh investor berusia di bawah 40 tahun, yaitu Gen Z dan milenial sebesar 81,64% dengan nilai aset yang mencapai Rp144,07 triliun.

Sebanyak 60,45% investor berprofesi sebagai karyawan swasta, pegawai negeri, guru dan pelajar, dengan nilai aset mencapai Rp358,53 triliun. Data demografi memperlihatkan bahwa investor saham masih terkonsentrasi di pulau Jawa yaitu sebesar 69,59%, termasuk 13,97% investor yang berdomisili di DKI Jakarta dengan nilai aset yang mencapai Rp3.772,32 triliun.

Generasi milenial dapat melakukan investasi untuk mempercepat tujuan keuangan. Generasi milenial perlu membuat tujuan keuangan pribadi yang jelas, misalnya kebebasan finansial saat pensiun.

Dengan investasi yang dilakukan semasa muda, kebutuhan hidup di masa pensiun dapat terpenuhi dengan baik dengan imbal hasil investasi yang dilakukannya sebelumnya. Tak hanya saham, ada sejumlah instrumen investasi yang bisa dipilih kaum milenial.

Berikut contoh investasi yang cocok bagi milenial, dilansir dari Bisnis.com, Jumat (10/3/2023):

Reksa Dana

Reksa dana merupakan instrumen investasi yang dipercaya paling praktis karena dengan menanamkan aset pada produk reksa dana. Dalam reksa dana anda dapat memulai investasi hanya dengan Rp100.000. Sebagai milenial yang kesibukan yang sangat padat, Anda tidak perlu memantau perkembangan aset terus-menerus karena dalam reksa dana ada MI atau Manajer Investasi yang akan membantumu dalam alokasi investasi.

P2P Lending

P2P Lending P2P atau peer to peer lending menjadi salah satu pilihan instrumen investasi yang kini sangat diminati. Hal ini terjadi karena imbal hasil instrumen ini bisa mencapai 2 kali lipat bahkan lebih jika dibandingkan dengan deposito berjangka. Untuk memulai investasi dengan instrumen ini juga beragam pada setiap platform, ada yang mulai dari Rp100 ribu, Rp1 juta, bahkan hingga Rp5 juta, dan modal investasi tersebut cocok bagi para milenial.

Obligasi Pemerintah

Pembelian obligasi pemerintah dapat dimulai dari nominal Rp1 juta dan kelipatannya. Mengapa tipe investasi ini cocok untuk generasi milenial, sebab tanpa adanya usaha berlebih saham yang Anda taruh di investasi tipe ini akan bertahap naik dan menguntungkan Anda. Selain itu, dari keamanan saham sudah dipastikan aman karan diatur langsung oleh negara.

Emas

Tak bisa dipungkiri emas menjadi salah satu investasi yang menjanjikan. Sebab, emas merupakan investasi yang memiliki tingkat risiko yang rendah daripada investasi lainnya. Untuk milenial sendiri, investasi emas sangat cocok untuk dilakukan. Terlebih, harga emas yang bisa saja naik seketika akan membuat keuntungan bagi generasi milenial yang menginvestasikan uang mereka pada emas.

Reksa Dana Saham

Reksa dana saham merupakan instrumen yang berbeda dengan investasi saham pada umumnya.Reksa dana saham lebih minim risiko karena bantuan manajer investasi. Sebagai generasi milenial, jika Anda memiliki dana yang lebih dari biasanya, investasi saham akan sangat cocok bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya