SOLOPOS.COM - Ilustrasi kereta api. (Solopos.com-Humas PT KAI Daops IV Semarang)

Solopos.com, SOLO – Waktu tempuh perjalanan beberapa kereta api (KA) di KAI Daop 6 Yogyakarta akan lebih singkat seiring dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2023. Pemberlakuan GAPEKA 2023 membuat waktu tembuh Solo-Jakarta bisa dipersingkat jadi 8 jam 12 menit.

Percepatan waktu tempuh berlaku pada KA-KA kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi untuk berbagai relasi seperti Solobalapan-Yogyakarta-Gambir, Solobalapan-Yogyakarta-Pasarsenen, dan rute Solobalapan-Yogyakarta-Bandung.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Percepatan waktu tempuh kereta api ini sebagai bentuk peningkatan layanan KAI kepada pelanggan. Dengan waktu perjalanan yang lebih cepat maka akan semakin meningkatkan mobilitas masyarakat melalui transportasi kereta api,” kata Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo dalam rilis yang diterima Solopos.com, Jumat (12/5/2023).

Franoto menambahkan waktu tempuh kereta api yang semakin cepat ini beragam. Dia mencontohkan KA keberangkatan awal Daop 6 yaitu KA Mataram (89) relasi Solobalapan-Yogyakarta-Pasarsenen mendapatkan percepatan waktu tempuh hingga 66 menit. Sebelumnya waktu tempuh KA Mataram selama 9 jam 18 menit, sehingga kini menjadi 8 jam 12 menit saja.

Harapannya pelanggan dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk berbagai kegiatan lain karena perjalanannya lebih efisien. Franoto menjelaskan percepatan waktu tempuh perjalanan ini dapat diraih lewat sejumlah langkah perbaikan prasarana oleh KAI dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Langkah-langkah tersebut terdiri atas peningkatan prasarana Jalur KA dari single track ke double track, peningkatan prasarana Jalur KA dari double track menjadi double-double track, perubahan persinyalan dari mekanik ke elektrik, serta pengoperasian jembatan nomor 1120.

Selanjutnya, KAI mengimbau calon pelanggan untuk memperhatikan kembali jadwal perjalanan. Hal ini karena percepatan waktu tempuh hampir semua KA Jarak Jauh per Kamis (1/6/2023) itu berimbas pada perubahan jam keberangkatan kereta api. Masyarakat dapat mengecek jadwal perjalanan di aplikasi KAI Accses, website KAI.id serta channel resmi penjualan tiket KA lainnya.

Terakhir, Franoto juga menegaskan bahwa KAI akan terus meningkatkan pelayanan lewat berbagai inovasi, salah satunya adalah percepatan waktu perjalanan KA Jarak Jauh. Dia berharap masyarakat tetap menggunakan kereta api sebagai transportasi andalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya