SOLOPOS.COM - Ilustrasi LPG 3 Kilogram. (Solopos Dok).

Solopos.com, JAKARTA —  Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) buka suara mengenai masalah kelangkaan LPG 3 kilogram di beberapa daerah.

Wakil Menteri (Wamen) I Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kartika Wirjoatmodjo, mengatakan pihaknya sudah melakukan review terkait pasokan LPG 3 Kg.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Wamen yang akrab disapa Tiko ini mengungkapkan untuk pasokan nasional sebenarnya tidak ada masalah, tapi memang ada beberapa daerah yang kekurangan pasokan LPG 3 Kg.

Dia menegaskan pihaknya telah meminta PT Pertamina (Persero) untuk meningkatkan stok di depo daerah yang kekurangan.

“Kami sudah review memang, kita akan tingkatkan stok setiap depo, sebenarnya secara nasional stoknya memadai. Namun, beberapa di tempat kita mesti drop lebih banyak,” kata Tiko kepada wartawan dikutip, Kamis (27/7/2023).

Lebih lanjut, Tiko menyebut kekurangan yang terjadi di beberapa depo daerah bukan karena kasus pengoplosan dan hanya masalah stok saja yang belum terkirim.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mengungkapkan, terjadi peningkatan konsumsi LPG subsidi 3 kilogram (kg) bulan ini. Perseroan tengah berupaya untuk mengembalikan pasokan gas melon itu ke situasi normal.

“Bulan Juli ini memang ada peningkatan konsumsi sebesar 2 persen sebagai dampak dari adanya libur panjang beberapa waktu lalu. Kami sedang melakukan recovery dari penyediaan distribusinya untuk mempercepat,” kata Nicke saat ditemui di sela-sela agenda IPA Convex, BSD Tangerang, Selasa (25/7/2023).

Kendati demikian, Nicke memastikan ketersediaan LPG 3 kilogram relatif terjaga di tengah peningkatan konsumsi tersebut.

Di sisi lain, dia menambahkan, perseroan turut bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memastikan ketersediaan pasokan serta penyaluran LPG 3 kg bersubsidi tepat sasaran.

“Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan operasi pasar, upaya itu agar pengelolaan stok LPG efektif langsung ke masyarakat,” ungkap Nicke.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul LPG 3 Kg Langka, Wamen BUMN: Kita Tingkatkan Stok di Depo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya