SOLOPOS.COM - Ilustrasi kartu kredit. (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Adanya pinjaman online (pinjol) hingga lembaga penyedia kredit belum membuat mereka berpaling para pengguna kartu kredit di Soloraya. Menurut mereka, kartu kredit masih memberikan banyak keuntungan karena lebih aman dan bunga yang ringan.

Keuntungan lain kartu kredit dibandingkan pinjol yakni promo dan diskon yang diberikan di momen tertentu. Para pengguna kartu kredit juga menyebut adanya beberapa lembaga kredit lain yang kadang memberikan promosi lebih menarik.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Salah satu pengguna kartu kredit asal Sumber, Banjarsari, Nugroho Kharisma, 34, menilai aplikasi pinjol dan leasing masih belum memberikan produk yang menarik. Ia menilai, kartu kredit masih lebih menguntungkan karena bunga ringan dan keamanan data yang lebih terjaga.

“Kalau pinjol pas jatuh tempo itu sudah keterlaluan terornya dan bahkan enggak manusiawi kalau penagihan. Data pinjol juga lebih rentan disalahgunakan, teman saya pernah pinjol dan kemudian dapet beberapa teror telepon penipuan, bahkan penawaran pinjol ilegal sampaii judi online. Berarti kan emang enggak aman datanya kalau pinjol,” ujarnya saat ditemui Solopos.com, Kamis (24/8/2023).

Nugroho melanjutkan, secara bunga, kartu kredit memberikan bunga yang lebih aman dan terjangkau dibandingkan pinjol. Ia memberikan perbandingan bunga kartu kredit dengan pinjol yang dinilainya lebih besar lima kali lipat.

“Kartu kredit itu maksimal 2,5 persen per bulan dan ada yang lebih rendah misalkan saya punya BNI itu hanya 1,75 persen per bulan. Kalau pinjol bisa sampai 15 persen per bulan bahkan lebih, belum lagi ada potongan besar dari aplikator jadi kalau ditotal bisa sampai 35 persen,” lanjutnya.

Meski demikian, Nugroho mengatakan mengajukan kartu kredit memang tidak semudah pinjol. “Mengajukan kartu kredit itu approval lama bisa sampai tiga bulan dan ada pengecekan slip gaji. Sedangkan kalau pinjol itu kan memang cepat hanya 10 menit,” ujarnya.

Cerita serupa juga dirasakan oleh warga Sondakan, Laweyan, Narendra Purwaka, 27.  Kartu kredit menurutnya masih lebih menarik dibandingkan pinjol. Ia menyebut, memiliki kartu kredit untuk kegiatan usaha sangat menguntungkan karena bunga yang kecil.

“Saya baru merintis usaha dengan istri saya, kalau mengajukan kredit usaha rakyat (KUR) butuh waktu dan saya punya kartu kredit dengan limit Rp50 juta. Jadi lumayan modalnya dengan bunga yang kecil hanya dua persen,” ujarnya.

Saat ini ia menilai ada beragam kemudahan kartu kredit yang tidak dimiliki oleh lembaga penyedia kredit seperti leasing dan pinjol. Namun, Narendra menyadari leasing saat ini memberikan banyak produk yang menarik.

“Kalau pinjol enggak pakai saya karena bunganya terlalu besar tetap paling aman kartu kredit. Tapi memang saat ini leasing masih gencar memberikan produk kredit motor atau pembiayaan lainnya, bunganya juga murah hanya tiga sampai lima persen,” lanjutnya.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo menyebut ada peningkatan aset dan kredit perbankan pada Juni 2023.

Kredit perbankan juga tumbuh sebesar 4,31 persen atau mengalami peningkatan sebesar Rp4,3 triliun secara year on year (yoy). Sedangkan untuk Dana Pihak Ketiga tercatat mengalami penurunan sebesar 0,95 persen menjadi Rp90,63 triliun dengan penurunan paling besar pada giro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya