SOLOPOS.COM - Booth PT KAI Persero di Job Fair UNS, Rabu-Kamis (10-11/5/2023).(Solopos.com/Maymunah Nasution).

Solopos.com, SOLO — Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sedang membuka banyak lowongan pekerjaan. Salah satu BUMN yang membuka lowongan pekerjaan di Job Fair UNS yakni PT KAI dengan kebutuhan sebanyak 550 pegawai.

Job Fair UNS dibuka di Auditorium UNS sejak, Rabu (10/5/2023) sampai Kamis (11/5/2023). Perwakilan SDM Kantor Pusat PT KAI Persero, Iwan Darmawan, mengatakan PT KAI membuka lowongan dari lulusan SMA, D3, dan S1.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

“Kami di sini [dalam Job Fair UNS] ikut job fair untuk mengisi kebutuhan pegawai dari tiga tingkatan, SLTA [SMA], D3, dan S1 yang akan ditempatkan di seluruh wilayah perusahaan, terutama Sumatera Selatan,” papar Iwan.

Formasi untuk lulusan SMA dan D3 terdiri atas operasional dan pemeliharaan sarana prasarana, sedangkan lulusan S1 dibutuhkan untuk bidang administrasi meliputi staf legal, IT, dan psikologi maupun HR.

Rentang usia yang dicari PT KAI bervariasi. Lulusan SMA dibutuhkan minimal 18 tahun dengan maksimal usia 25 tahun. Sementara untuk lulusan D3 dari usia 20-27 tahun, dan lulusan S1 dicari yang berusia 21-30 tahun.

Iwan mengatakan formasi lulusan SMA dan D3 mencari calon pekerja pria, sementara untuk lulusan S1 mencari calon pekerja pria dan wanita.

Lulusan SMA dan D3 yang dicari yakni lulusan IPA, teknik mesin, listrik, otomotif, serta elektro. Sedangkan untuk lulusan S1 dicari lulusan Akuntansi, Psikologi, Dokter, IT, dan Hukum.

Iwan mengatakan kebutuhan pegawai PT KAI untuk daerah Sumatera Selatan masih sangat banyak.

Sementara itu, BUMN yang lain yakni Pegadaian juga membuka lowongan pekerjaan untuk 100 orang lulusan D3 dan S1.

Talent Acquisition Divisi OHC Kantor Pusat Pegadaian Jakarta, Rahayu, mengatakan BUMN Pegadaian membuka dua lowongan pekerjaan yakni staf umum untuk posisi kasir dan administrasi, serta staf TI.

“Untuk penempatan ini nanti di Jawa Tengah kanwil Semarang dan juga Jogja. Staf TI kami khusus mencari lulusan komputer meliputi teknik informatika, teknik komputer, dan ilmu komputer serta diutamakan yang sudah ada pengalaman 4 tahun,” papar Rahayu saat ditemui Solopos.com di sela-sela acara.

Pengalaman untuk staf TI yang dicari oleh Pegadaian antara lain mampu membuat proyek seperti situs dan aplikasi sendiri sehingga sudah familier dengan sistem aplikasi.

Rahayu juga mengatakan keamanan siber menjadi salah satu aspek keahlian yang tengah dicari Pegadaian. Nantinya dari perusahaan tersebut akan menyediakan pelatihan.

Sementara, untuk lowongan pekerjaan di BUMN Pegadaian untuk posisi staf umum dicari calon pekerja dengan usia maksimal 27 tahun, sedangkan untuk staf TI maksimal berusia 30-32 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya