SOLOPOS.COM - General Manager Lorin Solo Hotel Heri Haryosa dan Rektor ISI Surakarta I Nyoman Sukerna menandatangani nota kesepahaman tentang Dukungan Pengembangan di Bidang Seni Budaya melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, Kamis (19/10) di Puri Parisuko (Pipas) Lorin Solo Hotel.

Solopos.com, KARANGANYARLorin Solo Hotel terbuka dalam menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dari kalangan akademisi. Menggandeng Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Lorin Solo Hotel siap berkolaborasi dengan satu-satunya kampus seni di Kota Bengawan tersebut.

Kolaborasi ini dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antarkedua belah pihak, Kamis (19/10/2023) di Puri Parisuko (Pipas) Lorin Solo Hotel. Agenda penandatanganan nota kesepahaman tentang Dukungan Pengembangan di Bidang Seni Budaya melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi dilakukan langsung oleh Rektor ISI Solo I Nyoman Sukerna dan General Manager Lorin Solo Hotel Heri Haryosa. Nota kesepahaman itu bertujuan mengupayakan dukungan untuk pelestarian dan inovasi seni budaya guna kepentingan bangsa dan masyarakat Indonesia, dalam hal ini yang diselenggarakan oleh civitas akademika ISI Solo.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

“Pada dasarnya, kami terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak. Tidak terkecuali ISI Solo yang merupakan kampus seni. Lorin Solo Hotel berkonsep Heritage Javanese, kami sangat concern terhadap pelestarian seni dan budaya. Melalui nota kesepahaman ini, kami ingin ikut ambil bagian menjaga dan merawat kelestarian seni budaya sebagai kekayaan adiluhung bangsa Indonesia,” beber General Manager Lorin Solo Hotel, Heri Haryosa.

Haryosa menyebut Lorin Solo Hotel memiliki satu set gamelan Jawa lengkap yang diletakkan di area lobby drop off. Tiap sore, gamelan Jawa tersebut dimainkan oleh para wiyaga (penabuh gamelan) untuk menyambut kedatangan tamu hotel. Selain itu, di area lobi juga dipajang satu set tokoh pewayangan. Ini membuktikan bahwa Lorin Solo Hotel berkontribusi dalam upaya nguri-uri budaya Jawa.

“Dengan nota kesepahaman ini, kami ingin memberikan dukungan lain terkait kegiatan pengembangan dan pelestarian seni budaya. Seperti halnya memfasilitasi pameran seni lukis, fotografi, seni pertunjukan, dan pagelaran seni lainnya dari mahasiswa ISI Solo di area hotel kami,” sambungnya.

Sementara itu, Rektor ISI Solo I Nyoman Sukerna mengapresiasi Lorin Solo Hotel yang telah membuka diri berkolaborasi dengan kampus yang dipimpinnya. Harapannya, kerja sama ini semakin menguatkan Lorin Solo Hotel sebagai hotel yang peduli terhadap pelestarian seni dan budaya.

Sekaligus membantu civitas akademika ISI Solo dalam pengembangan riset di bidang seni budaya. Nyoman menyebut ISI Solo adalah satu-satunya perguruan tinggi seni yang ada di Kota Solo yang diberi mandat oleh pemerintah untuk menyelenggarakan, membina, dan mengembangkan seni tradisional.

“Walaupun penandatangan kerja sama ini baru dilakukan hari ini, namun sebenarnya ISI Solo sudah sering menyelenggarakan kegiatan di Lorin,” jelasnya. Dalam kesempatan yang sama, dilaksanakan pula penandatangan perjanjian kerja sama dengan beberapa fakultas. Masing-masing dilakukan oleh Direktur Pascasarjana ISI Solo Sunarmi, Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Solo Ana Rosmiati, dan Dekan Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) ISI Solo Tatik Harpawati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya