SOLOPOS.COM - Calon penumpang menunggu kedatangan kereta api di Stasiun Solobalapan, Kota Solo. (Istimewa/KAI)

Solopos.com, SOLO–Kereta Api Indonesia (KAI) Daops 6 Yogyakarta mencatat pada dua hari awal libur panjang Kenaikan Yesus Kristus atau Rabu-Kamis (8-9/5/2024) terdapat 51.443 penumpang KA jarak jauh mendatangi atau turun di stasiun Daops 6 Yogyakarta.

Sebagaimana diketahui, Daops VI Yogyakarta mempunyai beberapa stasiun besar yakni Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Solobalapan, Stasiun Purwosari, dan Stasiun Solo Jebres.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, menguraikan jumlah kedatangan paling banyak pada Kamis (9/5/2024) yang terdapat sejumlah 27.295 penumpang KA jarak jauh yang datang.

Stasiun Yogyakarta menjadi stasiun paling banyak menerima kedatangan penumpang KA dengan jumlah mencapai 13.647 penumpang KA, disusul Stasiun Lempuyangan sejumlah 6.887 penumpang KA.

Di Kota Solo, Stasiun Solobalapan menjadi stasiun favorit yang tercatat ada 3.756 penumpang KA. Disusul dengan Stasiun Klaten sejumlah 837 penumpang KA, dan Stasiun Purwosari sejumlah 829 orang.

“Untuk penumpang yang naik atau berangkat dari stasiun Daops 6 Yogyakarta sendiri di 2 hari awal libur panjang ini sebanyak 39.667 penumpang KA,” kata Krisbiyantoro dalam siaran pers, Jumat (10/5/2024).

Dia menjelaskan pada masa libur panjang kenaikan Yesus Kristus 2024, volume penumpang naik dan turun di Daop 6 Yogyakarta diprediksi meningkat dari pekan sebelumnya dalam periode yang sama.

Pada Rabu-Minggu (8-12/5/2024) volume penumpang naik dan turun di Daops 6 Yogyakarta mencapai 182.465 penumpang KA. Angka ini meningkat 2,8% dari periode yang sama minggu sebelumnya yang mencapai 177.409 penumpang KA.

Pihaknya mencatat permintaan masyarakat untuk perjalanan KA di masa libur panjang kali ini cukup tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan okupansi KA keberangkatan awal Daops 6 Yogyakarta yang mencapai 93% atau terjual sebanyak 70.600 tiket dari yang disediakan sebanyak 75.790 tempat duduk.

“Permintaan yang tinggi ini membuktikan bahwa kereta api masih menjadi moda transportasi andalan bagi masyarakat untuk bepergian di jarak jauh pada masa libur panjang,” kata dia.

Krisbiyantoro berharap masyarakat yang ingin bepergian menggunakan KA jarak jauh pada masa libur panjang kali ini dapat memanfaatkan tiket yang masih tersedia.

Dia mengimbau bagi masyarakat yang belum memiliki tiket dapat segera untuk membelinya baik melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, ataupun channel lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

“Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur connecting train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan,” ujarnya.

Krisbiyantoro memastikan akan melayani masyarakat dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya. Oleh sebab itu, momen liburan bersama keluarga atau relasi dapat dinikmati pelanggan dengan nyaman dan menyenangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya