SOLOPOS.COM - Ilustrasi penumpang kereta api di Solobalapan, Solo. (Istimewa/KAI).

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daop 6 Yogyakarta mencatat kenaikan penumpang kereta api di stasiun setempat sebesar 21% pada momen long weekend pada Jumat-Sabtu (8-9/3/2024).

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro mencatat dalam periode tersebut terdapat sebanyak 46.314 penumpang kereta api jarak jauh yang turun atau berdatangan di stasiun wilayah operasional Daop 6 Yogyakarta.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

“Kedatangan pelanggan dari berbagai daerah tersebut memanfaatkan momen libur panjang Hari Raya Nyepi dan hari pertama Ramadan 2024,” terang Krisbiyatoro dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, pada Minggu (10/3/2024).

Lebih lanjut Krisbiyantoro menyebut pada Jumat jumlah kedatangan kereta api jarak jauh di seluruh stasiun Daop 6 Yogyakarta mencapai 23.668 pelanggan. Kemudian pada Sabtu jumlah pelanggan mencapai 22.646 pelanggan.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 21% dari pekan lalu periode Jumat-Sabtu (1-2/3/2024) sebanyak 38.221 pelanggan. Pihaknya mencatat lima stasiun dengan tingkat kedatangan tertinggi pada periode long weekend pekan ini yaitu di Stasiun Yogyakarta sebanyak 20.494 pelanggan.

Disusul di Stasiun Lempuyangan sebanyak 9.803 pelanggan, kemudian di Stasiun Solo Balapan sebanyak 8.117 pelanggan, Stasiun Klaten sebanyak 2.078 pelanggan, dan Stasiun Purwosari sebanyak 2.232 pelanggan.

“Para pelanggan kereta api yang turun di Daop 6 Yogyakarta berasal dari kota-kota favorit seperti Jakarta, Bandung, Purwokerto, Surabaya, Malang, dan Banyuwangi,” kata dia.

Krisbiyantoro juga menyebut jumlah berangkatan dari seluruh stasiun di Daop 6 Yogyakarta juga tidak kalah banyak. Pada long weekend pekan ini hingga Sabtu tercatat ada 44.343 pelanggan kereta api jarak jauh yang naik atau berangkat dari seluruh stasiun setempat.

Jumlah keberangkatan kereta api jarak jauh pada Jumat tercatat 22.717 pelanggan, sedangkan pada Sabtu sebanyak 21.626 pelanggan. Krisbiyantoro mengimbau kepada pelanggan untuk mengatur perjalanan dengan baik agar tidak kehabisan tiket kereta api selama long weekend Hari Raya Nyepi dan awal Ramadan.

Terutama untuk arus baik nanti, dia mengimbau pelanggan untuk memperhatikan dan memastikan data diri pemesanan dan juga jadwal keberangkatan.

“Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur connecting train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan,” ungkap Krisbiyantoro.

Pihaknya akan memastikan perjalanan masyarakat dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya. Maka, momen liburan bersama keluarga atau kawan dapat dinikmati pelanggan dengan nyaman dan menyenangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya