SOLOPOS.COM - Melalui Kelas Pintar Bersama yang diselenggarakan oleh Kredit Pintar, sejumlah pelaku UMKM meningkatkan kemampuan dan kompetensi dalam mengembangkan usaha agar lebih luas menjangkau pasar dan konsumen.

Solopos.com, SOLO – Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dilatih memaksimalkan penggunaan ponsel agar lebih berkembang. Melalui Kelas Pintar Bersama yang diselenggarakan oleh Kredit Pintar, sejumlah pelaku UMKM meningkatkan kemampuan dan kompetensi dalam mengembangkan usaha agar lebih luas menjangkau pasar dan konsumen.

Kredit Pintar adalah platform pinjaman digital yang berlisensi, terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hingga saat ini, Kredit Pintar telah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp31,9 triliun dan sekitar separuh nasabahnya meminjam uang untuk kebutuhan modal usaha kecil atau pendidikan. Total peminjam sejak berdiri tahun 2017 berjumlah 11,8 juta nasabah.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Penyelenggaraan program literasi keuangan dari Kredit Pintar kepada para pelaku UMKM tersebut sejalan dengan program Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dalam pengembangan kapasitas UMKM. Menilik data dari Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Solo, UMKM tumbuh sangat pesat.

Jumlah UMKM di Kota Solo sepanjang 2022 meningkat tiga kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Jumlah UMKM pada 2021 tercatat sebanyak 3.635 UMKM, sementara pada 2022 jumlahnya melonjak menjadi 11.157 UMKM.

Ketua Paguyuban UMKM Solo (PUS), Iman Buhairi Santoso, mengatakan saat ini animo UMKM di Solo sangat tinggi. “Apalagi Wali Kota Solo sangat memberikan perhatian besar kepada para pelaku UMKM karena beliau sadar bahwa ribuan UMKM di Solo akan memberi kontribusi terhadap perekonomian kota Solo,” ungkapnya.

Sebagai Ketua dan Pendiri PUS, berbagai cara telah dia lakukan untuk membantu pelaku UMKM agar berkembang. Beberapa di antaranya yaitu melalui pengelolaan katalog digital dan koperasi, serta mengisi kelas-kelas pelatihan bagi UMKM.

Salah satunya yaitu kegiatan Kelas Pintar Bersama, yang diinisiasi oleh Kredit Pintar. Dalam kesempatan ini, Iman menjadi pembicara dengan tema “HP-mu Sepi, Yuk Jadikan Peluang Usaha!” Acara yang berlangsung di Hetero Space Solo, Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Sabtu (6/5/2023) ini, dihadiri puluhan pelaku usaha yang tergabung dalam PUS.

“Kita perlu memaksimalkan ponsel agar produk-produk kita dapat dikenal dan menjangkau market yang lebih luas lagi. Untuk itu, teman-teman UMKM hendaknya mempelajari bagaimana penggunaan aplikasi, misalnya Canva. Aplikasi ini untuk membuat tampilan konten marketing produk menjadi lebih menarik. Penting juga bagaimana membuat caption foto di Instagram. Jangan hanya upload foto, harus dilengkapi juga dengan detail produk, belajar copywriting untuk produk kita sendiri, dan membuat deskripsi produk,” papar Iman berbagi kiat pemasaran digital.

Peningkatan kapasitas dan produktivitas UMKM melalui berbagai pelatihan juga menjadi concern Kredit Pintar dengan berinisiatif menggelar Kelas Pintar Bersama.

“Kelas Pintar Bersama merupakan kegiatan edukasi yang dipersembahkan oleh Kredit Pintar untuk komunitas UMKM guna meningkatkan literasi keuangan serta pemberdayaan wirausaha. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk dukungan kami untuk mendorong UMKM naik ke level berikutnya, sekaligus meningkatkan skala usaha,” ujar Brand Communications Kredit Pintar, Puji Sukaryadi.

Sejak 2022, Kredit Pintar secara konsisten memfasilitasi Kelas Pintar Bersama, tak hanya di ibukota provinsi yang ada di Indonesia, namun juga menjangkau daerah-daerah setingkat kabupaten, seperti salah satunya Kota Solo, Jawa Tengah. Dalam kegiatan ini Kredit Pintar juga mengajak para narasumber kompeten untuk berpartisipasi, berbagi kiat, menumbuhkan semangat berwirausaha serta edukasi pengelolaan keuangan.

Sebelumnya, Kredit Pintar telah sukses menggelar Kelas Pintar Bersama di berbagai kota di Indonesia seperti Bandung, Bekasi, Depok, Cirebon, Surabaya, hingga Lampung.

Lebih lanjut Regulatory Compliance Kredit Pintar, Arsya Helmi, menekankan pesatnya pertumbuhan UMKM dan kontribusinya dalam perekonomian nasional hendaknya diiringi dengan inklusi dan literasi keuangan yang memadai.

“Sehingga peningkatan literasi dan inklusi keuangan digital menjadi hal yang penting untuk terus ditingkatkan bersama. Hal ini sejalan dengan komitmen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk terus meningkatkan inklusi dan literasi keuangan digital terutama bagi pelaku UMKM sehingga dapat semakin berkontribusi dalam penguatan ekonomi nasional,” ujar dia.

Puji Sukaryadi menambahkan Kredit Pintar sangat mendukung program pemerintah untuk meningkatkan edukasi, literasi, dan inklusi keuangan. Apalagi saat ini terdapat lebih dari 70% dari 270 juta penduduk Indonesia yang masih kurang terlayani (underbanked) dan belum terlayani (unbanked) oleh produk keuangan.

“Sehingga melalui kegiatan Kelas Pintar Bersama ini, menjadi upaya kami untuk dapat membantu optimalisasi UMKM dalam mengembangkan usahanya,” kata Puji.

Berkat konsistensinya dalam mengkampanyekan literasi keuangan, baru-baru ini Kredit Pintar juga dianugerahi penghargaan dari The Iconomics dalam kategori Fintech, dengan title E-Loan dalam ajang Indonesia’s Popular Digital Products (Financial Industry). Tak hanya itu, Kredit Pintar juga mendapatkan apresiasi 2023 Top Brand in Indonesia, kategori Online Financing, dari Frontier Group.

“Kami berharap melalui Kelas Pintar Bersama, ke depannya dapat menjangkau lebih banyak wilayah di Indonesia yang memiliki potensi kewirausahaan lokal untuk menumbuhkan optimisme berwirausaha. Terlebih pascapandemi merupakan momentum kita untuk bangkit. Semoga kegiatan ini dapat membawa banyak manfaat dan menjadi pemicu semangat berwirausaha para UMKM, termasuk UMKM di Kota Solo yang telah berpartisipasi dalam acara ini,” pungkas Puji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya