SOLOPOS.COM - Warga Solo yang mengantre di depan mobil kas keliling Bank Indonesia (BI) untuk menukarkan uang, Rabu (29/3/2023). (Solopos.com/Gigih Windar Pratama).

Solopos.com, SOLO — Penukaran uang baru di sejumlah lokasi diserbu masyarakat Soloraya beberapa waktu terakhir. Oleh karena itu, Bank Indonesia melalui mobil kas keliling membuat program penukaran uang ke sejumlah lokasi di Soloraya pada Lebaran tahun ini.

Warga Solo ramai mengantre dan menunggu jadwal mobil kas keliling dari Bank Indonesia (BI) untuk menukar uang sebagai persiapan Lebaran tahun ini.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Layanan dan jadwal penukaran uang rupiah pecahan kecil kepada masyarakat Soloraya melalui loket mobil kas keliling periode tahun ini harus mendaftar dulu ke https://pintar.bi.go.id. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, berikut jadwal dan lokasi penukaran uang baru melalui mobil kas keliling BI di Soloraya pada pekan ini;

1. Selasa, 11 April 2023 di Kompleks Pemkab Sukoharjo

2. Rabu, 12 April 2023 di Kompleks Balaikota Solo dan Terminal Tirtonadi

3. Kamis, 13 April 2023 di Kompleks Balaikota Solo

Penukaran uang baru melalui mobil kas keliling di sejumlah lokasi Soloraya dimulai pukul 10.00 WIB hingga sekitar pukul 12.00 WIB. Masyarakat yang ingin menukar uang harus mendaftar terlebih dahulu melalui https://pintar.bi.go.id sesuai jadwal yang tersedia.

Maksimal penukaran uang yani Rp3,8 juta per paket dengan syarat menunjukkan kartu identitas diri saat pemesanan. Berikut syarat lengkap penukaran uang tersebut:

1. Melakukan pemesanan melalui

2. Maksimal penukaran adalah 1 paket yakni Rp 3,8 juta yang terdiri atas 1 pak Rp20 ribu, 1 pak Rp10 ribu, 1 pak Rp5 ribu, 1 pak Rp2 ribu, dan 1 pak Rp1 ribu

3. Menunjukan bukti pemesanan dan kartu identitas diri pada saat melakukan penukaran

Paket penukaran uang baru yakni maksimal Rp3.800.000,00 yang terdiri dari pecahan Rp20.000,00, Rp10.000,00, Rp5.000,00, Rp2.000,00, dan Rp1.000,00 masing-masing sebanyak 1 pak (100 lembar).

Dalam proses penukaran uang baru tersebut, masyarakat diminta menyertakan bukti pemesanan dan KTP serta terdapat ketentuan tambahan yaitu 1 (satu) orang penukar hanya bisa mewakili 2 KTP.

Larangan

Bank Indonesia (BI) Solo memberikan imbauan kepada para masyarakat untuk menukarkan uang langsung lewat perbankan dan tidak melalui penukaran uang tidak resmi.

Imbauan ini juga ditambah dengan langkah dari BI Solo untuk mendekatkan diri ke masyarakat.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo, kepada Solopos.com Rabu (29/3/2023) menyebutkan, memang belum ada aturan khusus terkait imbauan tersebut.

Tetapi, apabila jasa penukaran uang yang tidak resmi sudah menganggu ketertiban umum, maka akan dilaksanakan penertiban.

“Tidak ada aturan khusus untuk imbauan tersebut, kami dari BI hanya bisa mengarahkan dan bukan melarang. Kalau mengganggu ketertiban umum maka akan menjadi ranah Satpol PP dan Kepolisian untuk penertibannya,” ujar Joko.

Joko juga menyebut, upaya yang dilakukan BI dan lembaga perbankan di Solo sudah cukup menjangkau masyarakat yang ingin menukarkan uang saat Lebaran.

“Dari 154 kantor plus mobil kas keliling sudah cukup mewakili ke titik-titik penukaran yang mendekatkan ke wilayah pemukiman masyarakat juga melalui pintar.bi.go.id juga bisa diakses. Sehingga masyarakat dihimbau ke tempat yang resmi tersebut,” jelas Joko.

Selain keempat lokasi tersebut, KPw Bank Indonesia Solo juga telah menetapkan 154 lokasi penukaran uang baru di Soloraya yang bisa dilayani setiap hari sesuai jumlah kuota yang disediakan.

Ratusan lokasi tersebut di sejumlah lembaga keuangan resmi Soloraya.

Di Kota Solo ada 33 lembaga keuangan, disusul Boyolali sebanyak tujuh lembaga keuangan, Karanganyar sebanyak enam lembaga keuangan, Sukoharjo sepuluh lembaga keuangan, Klaten sembilan lokasi, Sragen tujuh lokasi, dan wonogiri enam lokasi.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya