SOLOPOS.COM - Ada beberapa perbedaan emas batangan dan emas perhiasaan untuk investasi. (Ilustrasi/Antara).

Solopos.com, SOLO — Mungkin saat ini ada yang tengah mempertimbangkan lebih untung investasi emas batangan atau perhiasan untuk persiapan masa depan.

Sudah menjadi rahasia umum jika emas merupakan instrumen investasi yang paling diminati masyarakat. Hal ini karena harga emas relatif stabil dan cenderung meningkat dari waktu ke waktu.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Akan tetapi, mungkin masih banyak orang yang mempernyatakan lebih untung mana antara emas perhiasan atau emas batangan untuk investasi?

Melansir dari laman logammulia.com, Kamis (15/12/2022), emas perhiasan maupun emas batangan mempunyai karakteristik dan keunggulan masing-masing.

Untuk mengetahui besar keuntungan yang didapatkan antara investasi emas perhiasan dengan emas batangan pertama adalah dengan mengetahui tujuan dari investasi yang Anda lakukan.

Baca Juga: Resesi Global Masih Mengancam, OJK Minta Bank Tingkatkan Pencadangan

“Sangat disarankan sekali agar Anda tidak salah pilih, hingga akhirnya tidak mendapatkan keuntungan maksimal di masa akan datang,” tulis logammulia.com.

Apabila tujuan dari investasi yang Anda lakukan dalam jangka waktu cukup panjang, maka lebih baik melakukan investasi dalam bentuk emas batangan. Sebab, emas dalam bentuk ini nanti akan memiliki nilai jual lebih stabil dibandingkan dengan emas perhiasan.

Selain itu, kemurnian dari emas batangan ini ternyata jauh lebih terjamin. Ini karena setiap pembelian dilakukan akan disertai dengan sertifikat yang di dalamnya mencakup ukuran, berat, dan tingkat kadarnya.

Tentu saja jadi bahan pertimbangan tersendiri bagi Anda dalam memilih investasi tersebut, karena sejumlah uang yang nantinya Anda keluarkan akan lebih terjamin dan Anda pun bisa berinvestasi dengan rasa aman serta nyaman.

Baca Juga: Antam Naik Tajam! Cek Harga Emas Pegadaian, Kamis 15 Desember 2022

Sementara itu, pembelian emas dalam bentuk perhiasan akan dikenai sejumah biaya pembuatan yang bisa dibilang cukup besar sekali. Tak tanggung-tanggung, jumlah biaya dari pembuatan emas perhiasan tersebut berkisar antara 15 persen sampai 20 persen dari nilai emas itu sendiri.

Tentu saja biaya pembuatan ini tidak akan dihitung pada saat Anda akan menjualnya kembali. Ini berarti, toko perhiasan akan membayarkan sejumlah uang sesuai dengan nilai emas pada perhiasan tersebut.

Hal ini yang pada akhirnya membuat Anda kehilangan sejumlah uang yang telah Anda bayarkan sebagai biaya pembuatan emas perhiasan yang sudah Anda beli.

Baca Juga: Antam Anjlok Lagi! Cek Harga Emas Pegadaian, Rabu 14 Desember 2022

Meski begitu, emas perhiasan ini bisa digunakan sebagai aksesoris yang bisa menambah nilai penampilan seseorang. Sehingga tepat untuk dijadikan sebagai perhiasan dalam menunjang penampilan seseorang.

Keunggulan lainnya, perhiasan emas ini lebih mudah didapatkan dibandingkan dengan emas batangan. Mengingat, ada banyak sekali toko emas yang jual emas dalam bentuk perhiasan, tidak hanya di perkotaan besar, tetapi juga bisa ditemukan dengan mudah dihampir seluruh wilayah kecapatan.

Tak heran, investasi dalam bentuk emas perhiasan tersebut bahkan masih cukup banyak dilakukan sampai saat ini. Meskipun hal ini bisa saja tidak memberikan untung maksimal.

Baca Juga: Pegadaian Gandeng DPRD Karanganyar Promosi KUR Tanpa Agunan dan Bunga

Menilik cimbniaga.co.id, disaranka jika Anda hendak berinvestasi emas, sebaiknya memilih emas batangan. Harga emas batangan berbeda dengan emas perhiasan.

Nilai dan harga emas batangan ini adalah murni emas tanpa campuran apapun seperti emas perhiasan. Namun, jika anda berinvestasi pada emas maka harus menyiapkan tempat khusus. Investasi emas adalah salah satu investasi fisik yang risiko hilangnya cukup besar.

Sekarang ini sudah banyak aplikasi investasi emas yang ada di Indonesia, agar lebih aman gunakan aplikasi penyimpanan emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya