SOLOPOS.COM - Para penumpang yang berada di ruang tunggu Pintu Timur Terminal Tirtonadi, Solo pada Jumat (3/1/2023).(Solopos.com/Gigih Windar Pratama).

Solopos.com, SOLO — Terminal Tirtonadi memprediksi pada arus mudik 2023 ini akan ada kenaikan hingga tiga kali lipat jumlah pemudik bus, jika dibandingkan dengan arus mudik 2022.

Untuk itu, pihak terminal akan memperpanjang sistem shift para pegawai terminal menjadi 12 jam sehari.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Menurut Kepala Urusan (Kaur) Lalu Lintas Terminal Tipe A Tirtonadi Solo Sunardi kepada Solopos.com, Senin (14/3/2023), prediksi tersebut berdasarkan jumlah armada yang akan diturunkan oleh Perusahaan Otobus (PO) saat arus mudik 2023. 

“Kami memprediksi apalagi dengan tidak adanya pembatasan perjalanan, kenaikan penumpang bus mencapai tiga kali lipat dibanding tahun lalu. Karena melihat beberapa PO juga sudah menyiapkan tambahan bus, misalkan Sugeng Rahayu tahun lalu sekitar 150 bus saat mudik, kini sekitar 200 bus untuk arus mudik 2023,” jelasnya.

Keyakinan ini juga diperkuat dengan banyaknya PO yang memilih untuk menambah jumlah armada dan tidak ada penjualan bus dari PO.

“Dibandingkan tahun lalu, ada beberapa PO yang menjual busnya sekitar Rp800 juta per unit. Sekarang sudah enggak ada yang menjual bus, malah banyak yang membeli bus untuk menyambut momentum arus mudik tahun ini, seperti PO Raya sama PO Haryanto, terakhir yang beli armada baru itu PO Ismo,” jelas Sunardi.

Sunardi mengatakan pegawai Terminal Tirtonadi akan bersiaga 24 jam dalam dua shift. Tujuannya agar sirkulasi bus dan kenyamanan para pemudik terjaga dengan baik.

“Kami berencana memperpanjang shift dari delapan jam menjadi dua belas jam, jadi selama 24 jam kami siaga. Karena kami melihat dari tahun lalu, bus itu berangkat dari sini itu pagi, sedangkan bus yang datang rata-rata mulai pukul 18.00 WIB sampai terakhir itu pukul 22.00 WIB,” tambah Sunardi.

Sebagai informasi, dalam data yang dikeluarkan oleh Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang diterima Solopos.com pada Selasa (14/3/3023), sebanyak 22,77 juta orang akan memilih bus sebagai moda transportasi saat mudik tahun ini.

Angka tersebut menjadikan bus sebagai moda transportasi ketiga yang paling banyak digunakan.

Mobil pribadi (27,32 juta orang) dan sepeda motor (25,13 juta orang) diprediksi menjadi dua moda transportasi yang paling banyak digunakan saat arus mudik 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya