SOLOPOS.COM - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Solo bekerja sama dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Surakarta membuka layanan pojok pajak di depan Pengadilan Negeri Solo bertepatan dengan penyelenggaraan kegiatan Solo Car Free Day (CFD), Minggu (20/8/2023) pagi. Kepala KPP Pratama Surakarta Hery Wirawan dan Kepala Bapenda Surakarta Tulus Widajat turut hadir langsung mengikuti kegiatan. (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Solo bekerja sama dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Surakarta membuka layanan pojok pajak di depan Pengadilan Negeri Solo bertepatan dengan penyelenggaraan kegiatan Solo Car Free Day (CFD), Minggu (20/8/2023) pagi.

Wujud sinergi antara pajak pusat dan pajak daerah ini mampu menggaet sejumlah wajib pajak dari berbagai wilayah.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Kepala KPP Pratama Surakarta Hery Wirawan dan Kepala Bapenda Surakarta Tulus Widajat turut hadir langsung mengikuti kegiatan yang berlangsung sejak pukul 06:00 WIB sampai dengan 09:00 WIB tersebut.

Dalam rilis yang diterima Solopos.com, Sabtu (26/8/2023), Layanan yang diberikan oleh KPP Pratama Surakarta meliputi asistensi pelaporan SPT, pembuatan kode billing, validasi NIK-NPWP dan konsultasi perpajakan.

Sedangkan Bapenda Solo membuka konsultasi pajak daerah secara umum, koreksi data SPPT (surat pemberitahuan pajak terhutang), serta pembayaran SPPT PBB-P2 secara langsung melalui layanan yang diberikan.

Menurut Kepala KPP Pratama Surakarta Hery Wirawa, Pojok Pajak yang berdampingan dengan Bapenda Solo merupakan bentuk sinergi antara pemerintah daerah dengan Direktorar Jenderal Pajak (DJP).

“Pojok pajak ini kami buka di lokasi yang berdampingan dengan gerai pelayanan Bapenda sebagai wujud sinergi pajak pusat dan daerah di Surakarta,” ungkap Hery.

“Tujuan utamanya tidak lain adalah optimalisasi penerimaan negara demi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, khususnya warga Surakarta,” pungkasnya di sela kegiatan.

Muhammad Arif, salah satu pengunjung pojok pajak mengatakan bahwa layanan ini mempermudah dirinya.

”Ternyata validasi NIK-NPWP sangat singkat, kebetulan saya sering ke CFD ini dan sangat terbantu dengan layanannya,” ungkapnya.

Tercatat tidak hanya warga Solo yang memanfaatkan layanan kali ini, beberapa pengunjung bahkan berasal dari Surabaya, Pati, dan Sukoharjo.

“Kami melakukan asistensi pengisian secara online dengan harapan di kesempatan berikutnya wajib pajak dapat melakukan kewajiban perpajakan tersebut secara mandiri,” pungkas Meta, Penyuluh Pajak Surakarta yang bertugas di lokasi.

Ia juga mengatakan  seluruh layanan perpajakan yang diselenggarakan oleh kantor pajak itu tidak dipungut biaya apapun.

Layanan sejenis akan secara rutin dibuka sesuai dengan jadwal dan agenda yang ada. Diharapkan kegiatan ini dapat mempermudah layanan yang diberikan kepada wajib pajak dari masing-masing instansi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya