SOLOPOS.COM - Ilustrasi kamar hotel. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Solo mencatat kenaikan rata-rata lama menginap atau lenght of stay seluruh tamu hotel bintang pada Juli 2023. Pada periode ini tercatat sebesar 1,37 hari yang mengalami kenaikan 0,03 poin pada bulan sebelumya.

Sementara itu, tingkat penghunian kamar (TPK) hotel bintang di Kota Solo pada Juli secara rata-rata tercatat sebesar 58,91%. Hal tersebut diungkapkan, Pejabat Fungsional Statistik Muda dan Leader Survei Harga Konsumen BPS Solo, Etnita Septiana, dalam rilis di Aula BPS Solo pada Jumat (1/9/2023).

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Angka tersebut secara keseluruhan mengalami penurunan 0,58 poin dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 59,49 persen. Penurunan TPK terbesar terjadi pada klasifikasi hotel bintang 2 yang turun 3,30 poin.

Lebih lanjut Etnita menguraikan TPK tertinggi tercatat sebesar 70,92 persen terjadi pada hotel bintang 4 dan bintang 5, sedangkan TPK terendah terjadi pada hotel bintang 1 yang hanya mencapai angka 36,88 persen. Jika dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya, TPK hotel bintang bulan Juli 2023 secara rata-rata naik 3,22 poin.

Sedangkan rata-rata lama menginap tamu di hotel bintang pada bulan Juli 2023 mencapai 1,37 hari atau mengalami kenaikan 0,03 poin dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 1,34 hari. Rata-rata lama menginap tamu di hotel bintang yang terlama terjadi pada hotel bintang 4 dan bintang 5 yaitu 1,52 hari. Sedangkan rata-rata lama menginap yang terendah terjadi pada hotel bintang 1 yaitu 1,09 hari.

Rata-rata lama menginap tamu asing di hotel bintang pada Juli mencapai 2,36 hari atau mengalami penurunan 0,20 poin dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 2,56 hari. Rata-rata lama menginap tamu asing terlama terjadi pada hotel bintang 2 yang mencapai 3,64 hari dan terendah terjadi pada hotel bintang 3 yaitu 1,56 hari.

Sementara rata-rata lama menginap tamu domestik di hotel bintang pada bulan Juli mencapai 1,36 hari atau mengalami kenaikan 0,03 poin dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 1,33 hari. Rata-rata lama menginap tamu domestik terlama terjadi pada hotel bintang 4 dan bintang 5 yaitu 1,51 hari dan yang terendah terjadi pada hotel bintang 1 selama 1,09 hari.

“Kalau tingkat penghunian kamar turun, berarti wisatawan yang menginap di hotel mengalami penurunan. Hal ini sejalan dengan libur panjang yang sudah selesai dan kembali normal,” ujar Etnita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya