SOLOPOS.COM - Ladang minyak Ghawar, Arab Saudi (foto/nrdedge)

Solopos.com, SOLO — Tahukah kamu bahwa Arab Saudi memiliki ladang minyak terbesar di dunia?

Ladang minyak Ghawar atau Ghawar Oil Field adalah ladang minyak terbesar di dunia yang terletak di sekitar 100 km barat daya Kota Dhahran, Provinsi Al Hasa, Arab Saudi.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Mengutip dari Wikipedia (18/7/2022), diketahui ladang atau tambang minyak terbesar di duni ini ditemukan pada tahun 1948 dan mulai beroperasi pada tahun 1951.

Saat ini ladang minyak terbesar di dunia ini memiliki lebih dari seperempat dari total cadangan minyak Arab Saudi dan menyumbang sekitar setengah dari produksi minyak negara itu.

Melansir dari situs Stacker (18/7/2022), ladang minyak Ghawar ini memiliki cadangan minyak masa lalu dan masa depan sebesar 96 miliar barrel.

Baca Juga: Pelaku UMKM Sragen Temukan Metode Menggoreng Irit Minyak Goreng

Angka yang sangat fantastis bukan? Fakta lainnya, bahwa ladang minyak ini memiliki luas mencakup lebih dari 2.000 mil persegi. Angka tersebut lebih besar dari luas salah satu kota di Amerika Serikat, Delaware.

Tercatat ladang minyak Ghawar mampu memompa maksimal 3,8 juta barel minyak per hari. Angka tersebut turun dari puncaknya yakni 5 juta barel per hari pada tahun 1981.

Kendati demikian, Ghawar masih mengeluarkan hampir empat juta per hari dan diperkirakan menyumbang 6% dari total produksi minyak harian dunia.

Baca Juga: Daftar SPBU di Solo yang Layani Beli Pertalite dengan MyPertamina

Hal tersebut menjadikan Ghawar masuk bagian dari enam ladang minyak bumi di dunia yang memproduksi lebih dari satu juta barel minyak per hari.

Dihimpun dari Wikipedia, sebagai informasi ladang minyak Ghawar sepenuhnya dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan minyak Saudi yang dikelola negara, Saudi Aramco.

Secara historis, ladang minyak terbesar di dunia ini terbagi menjadi lima wilayah produksi, dari utara ke selatan yakni ‘Ain Dar dan Shedgum serta ‘Utsmaniyah, Hawiyah dan Haradh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya