SOLOPOS.COM - Rumah Sakit JIH Solo resmi membuka layanan Laboratorium Patologi Anatomi, Jumat (17/2/2024).(Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Direktur Medik dan Keperawatan Rumah Sakit JIH Solo, dr. Wisnu Prima Putra, M.Kes meresmikan Laboratorium Patologi Anatomi, Jumat (16/2/2024).

Supervisor Penunjang Medik Rumah Sakit JIH Solo, dr. Ifanasari menjelaskan, pemeriksaan Patologi Anatomi (PA) merupakan pelayanan diagnostik atau penunjang diagnostik yang bertujuan mengetahui perubahan sel dan jaringan karena suatu proses penyakit dan baku emas penegakkan diagnosis penyakit kanker/keganasan.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Laboratorium Patologi Anatomi tersebut digunakan untuk melakukan pemeriksaan dari spesimen yang berasal dari cairan maupun jaringan.

“Laboratorium Patologi Anatomi paling sering digunakan pada kasus penegakan penyakit keganasan atau kanker, benjolan pada organ atau kelenjar getah bening, benjolan atau kelainan pada kulit yang dicurigai kanker, urine, dahak, cairan vagina, cairan sekitar saraf tulang belakang dan otak [cairan serebrospinal], cairan di rongga perut (peritoneum), cairan di rongga dada atau paru-paru,” papar dr. Ifanasari dalam keterangan tertulis.

Didukung oleh Dokter Spesialis Patologi Anatomi serta analis tekhnologi laboratorium medik, Laboratorium Patologi Anatomi Rumah Sakit JIH Solo memiliki layanan unggulan yaitu aspirasi jarum halus (FNAB) untuk pemeriksaan sel yang diambil dari benjolan tubuh dengan jarum diameter kecil,

Selain itu juga menawarkan layanan histopatologi untuk pemeriksaan mikroskopis terhadap sampel jaringan yang didapatkan dari operasi, biopsi, atau kerokan (curettage) yang bertujuan melihat perubahan bentuk jaringan.

Ada juga lauanan papsmear untuk pemeriksaan yang dilakukan guna medeteksi perubahan atau kelainan yang terjadi pada sel-sel lapisan leher rahim sejak dini sehingga terjadinya kanker leher rahim dapat diketahui lebih awal.

Selain itu ada layanan Sitologi Non-ginekologi untuk Pemeriksaan sel di bawah mikroskop selain papsmear misalnya cairan tubuh, cairan efusi pleura, cairan ascites, cairan serebrospinal, yang bertujuan untuk mengetahui apakah sel yang didapat merupakan sel ganas atau bukan.

Public Relations Rumah Sakit JIH Solo, Adil Erdita Ayu Marta menambahkan, dengan meningkatnya keberagaman kasus yang ditangani RS JIH Solo, Laboratorium Patologi Anatomi dibuka agar masyarakat Soloraya dan sekitarnya bisa mendapatkan pelayanan terbaik untuk pemeriksaan diagnosis kanker atau keganasan dilengkapi alat pemrosesan jaringan atau sample yang bekerja secara otomatis sehingga sangat membantu kecepatan kerja.

“Buka setiap hari Senin – Sabtu pukul 07.00 WIB – 21.00 WIB, sahabat JIH yang ingin melakukan pemeriksaan laboratorium Patologi Anatomi bisa mendaftar terlebih dahulu melalui whatsapp di nomor 0811500805,” ujar Adil Marta dalam keterangan yang sama.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya