SOLOPOS.COM - Ilustrasi Paylater. Paylater masuk dalam kredit yang tercatat dalam BI Checking. (Freepik).

Solopos.com, JAKARTA — Hingga kuartal III/2023, sejumlah bank yang mencatatkan rasio kredit bermasalah (nonperforming loan/NPL) di atas ambang batas 5%.

Di antara bank yang mencatatkan rasio NPL tinggi adalah PT Bank Sinarmas Tbk. (BSIM). Berdasarkan laporan keuangannya, rasio NPL gross Bank Sinarmas mencapai 5,62% pada kuartal III/2023. Meski begitu, NPL nett bank masih terjaga di level 1,69% PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. (BEKS) mencatatkan rasio NPL gross di level 9,37% pada September 2023.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Sementara rasio NPL nett BEKS di level 1,45%. Lalu, PT Bank KB Bukopin Tbk. (BBKP) mencatatkan rasio NPL gross tinggi, di level 11,22% pada September 2023. Adapun, NPL nett BBKP di level 4,81% hampir melebihi ambang batas.

PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) mencatatkan rasio NPL gross di level 6,99% pada September 2023. Namun, NPL nett terjaga di level 1,56%. Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan masih ada sejumlah bank yang mencatatkan NPL kotor di atas 5%.

Akan tetapi, keseluruhan bank di Indonesia mencatatkan NPL nett di bawah 5%.

“Hal ini menunjukkan bank telah melakukan pencadangan atas kerugian tersebut sehingga dampaknya terhadap permodalan sudah diantisipasi dengan baik,” kata Dian dalam jawaban tertulis pada Minggu (5/11/2023).

NPL nett sendiri telah dihitung dengan memasukan unsur cadangan kerugian penurunan nilai (CKPN) perbankan. Alhasil, bank-bank di Indonesia tetap memiliki kualitas kredit yang aman.

Secara industri, OJK mencatat rasio NPL gross perbankan ada di level 2,43% dengan rasio kredit berisiko (loan at risk/LaR) di level 12,07% pada September 2023.

Meski begitu, Dian menyebut pengawas OJK terus melakukan monitoring secara ketat untuk memastikan perbankan mampu memitigasi risiko-risiko yang dihadapi dengan baik.

Sebelumnya, sejumlah bank yang mencatatkan rasio NPL gross tinggi juga telah menyatakan komitmennya untuk memperbaiki kualitas kredit mereka.

Deputi President Director Bank KB Bukopin Robby Mondong menjelaskan bahwa realisasi upaya turnaround atau membalikkan bisnis menjadi lebih baik bersama KB Financial Group-Korea selaku induk, utamanya dilakukan melalui penyelesaian atas kredit kualitas rendah.

“Upaya Bank KB Bukopin untuk meningkatkan kualitas aset juga telah menunjukkan hasil,” katanya beberapa waktu lalu.

Senior Vice President Finance Amar Bank David Wirawan menuturkan bank terus menjaga efektivitas pengelolaan kualitas aset melalui penerapan prosedur penilaian risiko dengan hati-hati.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Sederet Bank Miliki Kredit Macet di Atas 5%, OJK: Itu Gross

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya