SOLOPOS.COM - Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia atau Kreativesia 2023 sukses digelar di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat-Minggu (25-27/8/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia atau Kreativesia 2023 sukses digelar di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat-Minggu (25-27/8/2023).

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com,  Kreativesia memamerkan beragam program dan kegiatan, termasuk kompetisi nasional dan umum dari berbagai sub-bidang kreatif seperti musik, film, fashion, kuliner, kriya, teknologi informasi (perangkat lunak dan perangkat keras), serta desain grafis dan barista.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Selain itu, acara ini menghadirkan Musik Festival yang mengkolaborasikan musikus nasional dengan musikus lokal, serta Creative Market yang menampilkan produk sandang, pangan, seni, dan kerajinan tangan oleh Pasar Berseri dan delegasi dari 38 provinsi.

Kreativesia merupakan upaya bersama untuk memberikan penghargaan, baik individu maupun komunitas yang telah berdedikasi menghasilkan karya-karya kreatif dan gagasan inovatif.

”Kami ingin komunitas saling bertemu, berbagi, dan berkolaborasi. Kreativesia adalah ajang pertemuan yang berbasis hobi, isu, profesi, minat, dan bakat dengan konsep yang mendidik sekaligus menghibur,” tutur Menpora Dito Ariotedjo saat hadir di acara ini, Sabtu (26/8/2023).

Kota Solo direncanakan mewakili Indonesia pada seleksi jejaring Kota Kreatif UNESCO. Pura Mangkunegaran selaku lokasi acara juga mempunyai peran penting atas terpilihnya Kota Solo sebagai calon nominasi anggota UNESCO Creative Cities Network atau jejaring kota kreatif periode 2023.

Menpora berharap Kreativesia bisa menjadi pondasi agar Solo mampu terpilih, khususnya di dalam kategori kerajinan dan kesenian rakyat.Musisi Alffy Rev dan Woro Mustiko turut meriahkan acara launching.Penampilan epik yang membawakan karya Wonderfull Indonesia mampu membius para penonton.

Kreativesia ditutup dengan festival band lokal hingga nasional di antaranya Jungkat Jungkit, Melinda & The Dogpack, dan Fstvlst.

Penutupan ditandai penyerahan pataka dari Plt. Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Yohan, kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel Hermansyah dan Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Rokhyatin Efendi. Dengan begitu, pada Kreativesia 2024, Provinsi Kalimantan Selatan didaulat sebagai tuan rumah.

“Secara resmi Kreativesia saya tutup, dan akan dilanjutkan oleh Kalimantan Selatan di tahun selanjutnya,” ujar Yohan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya