SOLOPOS.COM - Epson Indonesia menghadirkan mobil pamer keliling untuk edukasi sekaligus menciptakan pengalaman produk (brand experience) kepada publik.(Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Epson, pemimpin global dalam bidang percetakan dengan bangga memperkenalkan serangkaian produk bersertifikasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) di momen Hari Kemerdekaan Indonesia.

Hal ini merupakan langkah besar dalam mendukung industri lokal, mendorong inovasi teknologi dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat Indonesia. Sebagai bagian dari komitmen Epson untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia, pengesahan lisensi TKDN adalah langkah penting dalam memastikan bahwa produk-produk Epson tidak hanya unggul dari segi performa, tetapi juga memberi kontribusi nyata bagi perekonomian dan keberlanjutan tanah air.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Epson secara konsisten mengintegrasikan TKDN dalam proses produksi. TKDN menjadi landasan utama dalam menghasilkan produk-produk berkualitas tingg yang berdaya saing dan sekaligus mendorong kemandirian industri dalam negeri. Hal ini juga merupakan wujud nyata Epson Indonesia terhadap negara untuk meningkatkan kemandirian sektor industri dalam negeri.

Ini juga menjadi bukti Epson Indonesia telah memenuhi persyaratan yang ditentukan pemerintah melalui sertifikasi TKDN.
Investasi Epson di Indonesia. Epson telah merajut ikatan kuat dengan Indonesia melalui investasinya.

Dengan kehadiran dua pabrik di Tanah Air, Epson telah memberikan kontribusi nyata pada pengembangan industri manufaktur dan teknologi di Indonesia. Kehadiran PT Indonesia Epson Indystry dan PT Epson Batam merupakan bukti nyata dari komitmen Epson dalam mendukung pertumbuhan ekonomi serta pemberdayaan industri lokal.

Sejak membangun perusahaan di Indonesia, Epson melalukan banyak investasi dalam hal merek, layanan, tenaga kerja, pemasaran, promosi dan juga iklan. Hal ini merupakan bentuk ekspansi investasi Epson dalam pertumbuhan market Epson di pasar Indonesia.

Setelah banyaknya investasi yang telah dilakukan dalam 20 tahun belakangan ini penjualan Epson terus tumbuh dan menjadi pemimpin pasar di Indonesia. Epson berfokus pada beberapa segmen dalam penjualannya, pada segmen korporasi permintaan produk pinter dan scanner terus tumbuh pesat di setiap tahun.

Saat ini bisnis printer dan solusi memiliki kontribusi sebesar 80% dan scanner 20%, sisanya berasal dari projector dan solusi printer lainnya. Tak hanya itu, Epson juga fokus terhadap bisnis tinta dan toner, kebutuhan mencetak yang kian meningkat memicu potensi besar bagi bisnis tinta dan toner. Potensi ini semakin meningkat seiring dengan kesadaran publik pada pengguna printer bahwa catridge dapat diisi ulang dan dapat menghemat biaya hingga 80 persen.

Peningkatan SDM

Epson telah menjadi tempat bagi lebih dari 10.000 karyawan di Indonesia. Epson tidak hanya menciptakan lapangan pekerjaan, tetapi juga menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan dan kesejahteraan karyawan. Dengan tim yang kuat dan berdedikasi, Epson berusaha memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

Epson tak hanya membawa teknologi canggih ke Indonesia, tetapi juga berinvestasi dalam peningkatan SDM. Kini banyak desainer produk berbakat di Indonesia yang dapat pelatihan dari Epson Global. Hal ini mendorong pertumbuhan talenta lokal, meningkatkan kapabilitas desain dan mendorong perkembangan bakat lokal dan kolaborasi global yang produktif.

Produk Epson Berlisensi TKDN

Pengesahan lisensi TKDN ini mencakup berbagai produk andalan dari Epson, termasuk dalam kategori pencetakan dan pemindaian. Setiap produk telah melalui proses validasi ketat sesuai dengan regulasi TKDN yang berlaku di Indonesia, memastikan bahwa komponen-komponen utama yang digunakan dalam produk-produk ini didukung oleh industri dalam negeri.

Komitmen Epson terhadap kualitas dan kemandirian industri lokal tergambar jelas dalam rangkaian produk-produk ini. Kini, pelanggan di Indonesia tidak hanya mendapatkan teknologi terdepan, tetapi juga berkontribusi langsung pada pengembangan ekonomi dan lapangan kerja di tanah air.

Lebih dari 10 produk Epson telah berlisensi TKDN, termasuk printer, scanner, dan tinta. Produk Epson yang dibuat di Indonesia terjual di dalam negri dan terekspor dengan sangat baik.

Komitmen Terhadap SDGs

Epson Indonesia telah mengambil langkah konkret dalam mendukung beberapa Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yaitu SDG 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi), SDG 9 (Industri, Inovasi, dan Infrastruktur), SDG 12 (Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab), SDG 13 (Penanganan Perubahan Iklim), dan SDG 17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan). Dalam rangka mendukung SDG, Epson Indonesia melakukan Corporate Social Responsibility (CSR) melalui beberapa kegiatan seperti penanaman 6.000 pohon untuk mendukung SDG 13, berkolaborasi dengan organisasi nirlaba dalam pelestarian terumbu karang untuk mendukung SDG 17.

Melalui peringatan Hari Kemerdekaan ini, kami ingin mengajak seluruh pihak untuk lebih memahami pentingnya TKDN dalam mencapai kemandirian teknologi dan ekonomi yang merdeka. Dengan dukungan dan pemahaman yang lebih luas, kita dapat bersama-sama memajukan industri dan meningkatkan kesejahteraan bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya