SOLOPOS.COM - CEO RB Rembang, Yeni Indah Lestari, mengawali kick off pelatihan tentang Public speaking class: From Zero to Pro Speaker kepada para pelaku UMKM binaan di RB Rembang, Selasa (23/1/2024) lalu. (Istimewa)

Solopos.com, REMBANG – Rumah BUMN (RB) Rembang PT Semen Gresik memulai tahun 2024 dengan menggelar kick off program pelatihan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan yang bertajuk “Public speaking class: From Zero to Pro Speaker”.

Agenda pelatihan yang digelar di studio RB Rembang, Selasa (23/1/2024) tersebut menghadirkan pemateri CEO RB Rembang, Yeni Indah Lestari.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Sebagai langkah awal pelaksanaan program pelatihan, para UMKM binaan mendapatkan pelatihan terkait pentingnya ilmu pengetahuan tentang public speaking. Pada dunia usaha, cakap berbicara dan berani tampil di depan umum menjadi point plus dalam mengembangkan usahanya,” jelas Yeni Indah Lestari dalam keterangan tertulis.

Dia menjelaskan, selama ini RB Rembang secara konsisten berhasil telah melakukan kinerja maksimal dalam mendorong dan mendukung kemajuan UMKM binaan, dengan menggelar berbagai program pelatihan dan peningkatan kompetensi.

“Perusahaan terus berkomitmen melakukan pemberdayaan UMKM binaan secara berkesinambungan, tercatat di tahun 2023 berhasil menggelar 25 pelatihan terutama dalam aspek pelatihan soft skill dan hard skill. Dan ditahun 2024 ini, RB menargetkan 41 tema program competency building,” terangnya.

Hal senada disampaikan oleh Senior Manager of Communication & CSR PT Semen Gresik, Dharma Sunyata, sejak berdiri pada agustus 2020 hingga desember 2023, RB Rembang berhasil membina dan membantu 371 UMKM naik kelas dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 1.527 orang. RB Rembang juga berhasil mencatatkan transaksi mencapai Rp 3 miliar selama tiga tahun beroperasi.

“Sebagai bentuk nyata perberdayaan UMKM, RB Rembang berhasil torehkan capaian yang luar biasa dengan mengirimkan ribuan produk UMKM Rembang mengikuti pameran bertaraf Nasional hingga Internasional, seperti Tong – Tong Fair 2022 di Belanda, Pameran SME’s Hub Asean Summit 2023 di Labuhan Bajo, Pameran di Sarinah Jakarta, Jateng Fair 2023 di Semarang dan masih banyak lainnya” ungkapnya.

Sementara itu, Owner Ecoprint Mutiara Collection, Siti Khulifah, mengaku terbantu dengan adanya berbagai pelatihan yang di laksanakan oleh RB Rembang. Selama ini banyak ilmu baik secara teori maupun praktek dari pemateri – pemateri profesional.

“Kita para pelaku usaha mendapat kesempatan yang luar biasa dengan berbagai pelatihan, seperti pelatihan pemasaran, konten media sosial, inspiring dari pengusaha sukses dan masih banyak lainnya. Harapannya, semoga hal tersebut mampu membantu para UMKM binaan untuk terus berkembang dan meng-upgrade diri sesuai dengan perkembangan pasar,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya