SOLOPOS.COM - PLN berpartisipasi dalam Electric Vehicle Standard Expo (EVSE) 2023 di Yogyakarta pada 12-14 Juli 2023. (Istimewa)

Solopos.com, JOGJA — PLN terus mendorong percepatan implementasi penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) sebagai salah satu langkah mendukung program pemerintah mencapai net zero emission (NZE) pada tahun 2060.

Upaya ini salah satunya diwujudkan dalam bentuk partisipasi PLN dalam Electric Vehicle Standard Expo (EVSE) 2023 di Yogyakarta pada 12-14 Juli 2023.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku penyelenggara mengapresiasi PLN atas peran yang cukup besar dalam mengakselerasi perkembangan ekositem kendaraan listrik serta turut memberikan dukungan melalui sertifikasi beberapa produk dalam ekosistem kendaraan listrik.

“Salah satunya infrastruktur kendaraan listrik yakni stasiun pengisian kendaraan listrik umum [SPKLU] di mana PLN bisa melakukan pengujian atau sertifikasi tehadap SPKLU dan mungkin kedepan ada beberapa produk terkait kendaraan listrik itu bisa dilakukan pengujian atau sertifikasi oleh PLN,” imbuh Denny Wahyudi, Ketua Tim Hubungan Masyarakat BSN.

Denny menambahkan kegiatan ini merupakan salah satu upaya menepis sebagian anggapan bahwa kendaraan listrik tidak aman. Namun justru memberikan perlindungan terhadap konsumen melalui penetapan 38 Standard Nasional Indonesia (SNI) terkait kendaraan listrik dan baterai kendaraan listrik.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa standardisasi memberikan kepastian atau keyakinan kepada konsumen terkait jaminan kualitas dan keamaan produk melalui event ini. Diharapkan BSN bisa memberikan kontribusi untuk mendorong masyarakat bisa beralih dari kendaraan yang lebih ramah lingkungan,” ungkapnya.

Salah satu pengunjung EVSE asal Kalimantan Timur, Pungki, menceritakan pengalamannya ketika mencoba menjajal kendaraan listrik.

“Enak ya, smooth, hanya perlu penyesuaian di medan saja ini karena kalau di daerah saya Kalimantan Timur, kontur jalannya naik turun. Harapan saya untuk infrastruktur perlu ditambah ya untuk memudahkan pengguna juga,”tuturnya.

SPKLU PLN
Booth PLN dalam Electric Vehicle Standard Expo (EVSE) 2023 di Yogyakarta pada 12-14 Juli 2023. (Istimewa)

Pada kesempatan berbeda, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY, Mochamad Soffin Hadi menyampaikan pihaknya juga terus berupaya dalam peningkatan penyediaan infrastruktur untuk memudahkan pengguna kendaraan listrik.

Saat ini tercatat sudah tersedia 45 unit SPKLU di 31 lokasi yang tersebar di wilayah Jawa Tengah dan DIY. I a menambahkan selain berupaya dalam peningkatan penyediaan infrastruktur kendaraan listrik, PLN juga telah menyiapkan sistem yang terintegrasi dengan SuperApp PLN Mobile.

“Dalam aplikasi one stop solution ini PLN memberikan fitur khusus yang akan memudahkan masyarakat mendapatkan segala kebutuhan kendaraan listriknya,” kata dia.

“Selain untuk pasang baru dan tambah daya, aplikasi ini menyediakan kebutuhan masyarakat mulai dari informasi lokasi SPKLU hingga marketplace yang di dalamnya memuat kebutuhan masyarakat atas kendaraan listriknya,” pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya