SOLOPOS.COM - Sesi khusus Bela Negara dari LEMHANAS dan Brigade Infanteri 17 di Cijantung, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Diplomat Success Challenge (DSC) Season 14 membawa 45 challengers memasuki tahapan bootcamp.

Hal itu dilakukan sebagai upaya mereka konsisten dan persisten membangun ekosistem yang mendukung pertumbuhan dan kesuksesan bisnis, serta menciptakan peluang yang lebih besar lagi untuk inovasi.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Penyelenggara juga ingin menciptakan lingkungan yang mendukung, bimbingan, sumber daya dan kesempatan untuk para challengers mengembangkan bisnis mereka.

Pada tahap bootcamp kali ini, challengers diberikan pengalaman yang berbeda.

Sejalan dengan manifesto DSC yaitu Karakter Bangsa, Governance, Environment dan Social Culture, 45 challengers mendapatkan sesi khusus Bela Negara dari LEMHANAS dan Brigade Infanteri 17 di Cijantung, Jakarta Timur.

DSC
Sesi bersama coach Diplomat Success Challenge (DSC) Season 14 pada tahapan bootcamp. (Istimewa)

Dalam kesempatan tersebut, challengers diberikan pengetahuan mengenai karakter nasional yang menjadi bagian penting dalam mewujudkan kecintaan terhadap Indonesia.

“Tantangan yang dikenal dengan program pelatihan dan pengembangannya yang ketat ini bertujuan untuk menanamkan rasa nasionalisme, integritas, dan keterlibatan masyarakat,” ujar Tenaga Ahli Pengajar Bidang Ideologi LEMHANAS, Mayjen TNI Fulad, S.Sos, M.Si, melalui rilis yang dikirimkan kepada Solopos, Selasa (5/12/2023).

Menurutnya, materi ini dirancang untuk membekali calon entrepreneur agar memiliki ketahanan mental, cerdas dan berkarakter jati diri Indonesia yang berbudaya dalam menjalankan bisnis mereka.

Pada tahap ini, para challengers diharapkan dapat berinteraksi dengan berbagai kelompok peserta, memupuk pemahaman dan kolaborasi lintas budaya. Para peserta akan ditantang untuk mengembangkan solusi terhadap permasalahan dunia nyata dengan tetap mengedepankan kepentingan nasional.

Dukungan Inklusivitas dan Berbisnis yang Baik

Tahap bootcamp dilanjutkan dengan story telling dan self branding dari Staf Khusus Presiden RI, Angkie Yudistia, pengenalan mengenai finansial oleh Former CEO and Current Shareholder of ASYX, Lishia Erza.

Dilanjutkan oleh MarkPlus yang membahas mengenai Road to Market serta pembahasan mengenai sustainability oleh Koalisi Ekonomi Membumi (KEM).

Sesuai United Nations Guiding Principles on Business and Human Rights (UNGPs on BHR), DSC mengedepankan prinsip inklusifitas dalam penyelenggaraannya.

Angkie yang juga seorang entrepreneur mengapresiasi 45 challengers DSC yang menganut prinsip inklusivitas. Mengingat, jumlah disabilitas di Indonesia hingga saat ini mencapai 21,9 juta atau 8,9% dari jumlah penduduk Indonesia.

Sebagai seorang Staf Presiden RI, Angkie memiliki mimpi agar para disable bisa berdaya dengan mengembangkan potensi diri mereka. “Bagaimana kita bisa membentuk personal branding dan memiliki value agar tujuan hidup kita tercapai,” ujarnya yang juga merupakan seorang disable hearing.

Angkie memotivasi para challengers untuk memiliki sifat pemimpin, kemandirian ekonomi dan kontribusi pada komunitas. “Kita harus menjadi pengusaha yang sukses yang berdampak bagi masyarakat,” tambahnya.

Bersiap ke Tahapan Seleksi yang Lebih Menantang

Webseries akan ditayangkan di YouTube @diplomatsuccess mulai 21 November 2023 dengan episode bootcamp pada tanggal 5 Desember 2023. Melalui Webseries ini, DSC memberikan update para peserta sejak National Selection hingga final.

Setelah tahap Bootcamp yang diikuti oleh Top 45 challengerss, DSC Season 14 akan menuju ke tahap Battle Round yang diikuti oleh 24 challengers.

Tahapan ini membuat mereka lebih dekat meraih hibah modal usaha total Rp2,5 miliar, pendampingan berkelanjutan dari coach bisnis profesional, serta bergabung dalam jejaring wirausaha Diplomat Entrepreneur Network (DEN).

Selanjutnya, update tentang DSC Season 14 bisa dilihat di lini masa media sosial dengan Instagram @diplomatsukses, Facebook Wismilak Diplomat, Twitter @diplomat_sukses, dan situs www.diplomatsukses.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya