SOLOPOS.COM - Petugas menata puluhan motor peserta Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta yang tiba di Terminal Tirtonadi, Solo, Rabu (27/4/2022). (Solopos/Nicolous Irawan).

Solopos.com, SOLO — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar mudik Lebaran gratis dengan sepeda motor (motis) dari Bandung dan Jakarta dengan tujuan akhir di Stasiun Purwosari Solo.

Dari Bandung, pemudik Motis diberangkatkan melalui Stasiun Kiara Condong. Sementara, dari Jakarta mulai diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Gudang.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Pemudik bisa mengirim sepeda motor miliknya ke Stasiun Purwosari sebagai tujuan terakhir untuk wilayah Solo. Kemenhub menujuk PT Lintas Nusantara Perdana (LNP) sebagai vendor pelaksana motis tahun ini.

Kloter pertama pemudik motor gratis bakal tiba di Stasiun Purwosari Solo, pada Rabu (12/4/2023) dini hari. Ratusan motor diperkirakan berangkat dari Stasiun Kiara Condong maupun Jakarta pada Selasa (11/4/2023) pukul 16.40 WIB  dan pukul 18.45 WIB.

Motor gratis kemudian tiba di Stasiun Purwosari Solo pada Selasa pukul 01.46 WIB  dan sekitar pukul 05.56 WIB.

Kuota mudik gratis sepeda motor sebanyak 10.400 motor selama arus mudik atau 180 motor per hari. Stasiun Purwosari juga menjadi lokasi favorit bagi para pemudik yang menggunakan fasilitas motis.

Pelaksana PT LNP, Dwi Wahyudi, saat ditemui Solopos.com, Selasa (11/4/2023), menyebut kuota mudik Lebaran gratis dengan motor atau motis untuk tahun ini lebih besar dibandingkan tahun lalu.

“Tahun ini kuotanya ada 10.400 motor, lebih besar dibandingkan tahun lalu yang 8.400 motor, tapi memang belum sebesar yang tahun 2019 saat itu kuotanya lebih dari 18.000,” ulasnya.

Dwi melanjutkan, tahun ini, Stasiun Purwosari diprediksi menjadi yang paling ramai sebagai tujuan akhir motis. Menurutnya, banyak pemudik dari Jakarta menuju Soloraya saat Lebaran. Ia juga memprediksi H-5 hingga H-3 menjadi puncak motis tahun ini.

“Stasiun Purwosari diprediksi paling ramai nanti, karena banyak yang dari Jakarta mau mudik ke Soloraya, Madiun, Ngawi sampai Blitar. Sedangkan stasiun terdekat dari sana hanya Stasiun Purwosari dan Stasiun Klaten sudah tidak digunakan untuk motis. Kemungkinan yang dari Jakarta paling banyak dibandingkan kota-kota lain,” tambah Dwi.

Terpisah, Kepala Stasiun Purwosari, Wagiman menjelaskan ada peningkatan pendaftaran untuk motis tahun ini. Ia menyebut, hingga Selasa (11/4/2023), terdapat 623 pemudik mendaftar untuk motis saat arus mudik Lebaran tahun ini.

“Secara data memang naik dibandingkan tahun lalu, di periode yang sama dibandingkan  tahun lalu secara persentase untuk yang turun di Stasiun Purwosari naik 400 persen dibandingkan tahun lalu. Sejauh ini sudah 632 pemudik mendaftar untuk arus mudik menuju Stasiun Purwosari, kalau yang berangkat dari Purwosari sebanyak 26 pemudik,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya