SOLOPOS.COM - Kediaman Ketua KPK Firli Bahuri di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (26/10/2023). (JIBI/Bisnis-Anshary Madya Sukma).

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Harian Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI), Alex Tirta, akhirnya mengonfirmasi rumah No.46 di jalan Kertanegara, Jakarta Selatan yang menjadi safe house Ketua KPK Firli Bahuri dengan harga sewa Rp650 juta/tahun.

Alex mengonfirmasi, rumah yang menjadi safe house  Firli Bahuri tersebut dia sewa sejak 2020 dengan harga tertentu untuk kepentingan bisnis dan mengakomodir tamu dari luar kota hingga luar negeri.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Memang benar kalau saya menyewa rumah tersebut sekitar tahun 2020 untuk kepentingan bisnis. Jadi rumah itu dipakai sebagai tempat akomodasi tamu-tamu bisnis saya dari luar kota atau luar negeri,” kata Alex dalam keterangannya, dikutip Rabu (1/11/2023).

Kemudian, dia menerangkan pada saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia, rumah itu menjadi tidak terurus.

Di sisi lain, pada periode waktu itu Alex sempat bertemu dengan Ketua KPK Firli Bahuri yang tengah membutuhkan safe house yang kemudian disewa Rp650 juta per tahun.

“Saya kemudian menyarankan Bapak Firli untuk melanjutkan sewa rumah itu, dan beliau pun setuju. Tapi tidak perlu ada perubahan nama penyewa,” ujar Alex.

Sementara itu, pada 2021 Firli Bahuri mulai menyewa safe house di Jakarta Selatan itu dengan harga Rp650 juta per tahun dan uang tersebut dikirim ke Alex.

Polda Metro Jaya

Safe house Firli Bahuri dengan harga sewa Rp650 juta itu sempat digeledah oleh tim penyidik Polda Metro Jaya pada, Selasa (26/10/2023), karena terkait dengan dugaan kasus pemerasan pimpinan KPK di Kementerian Pertanian (Kementan).

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Ade Safri Simanjuntak mengatakan pemilik safe house Firli Bahuri dengan harga sewa Rp650 juta itu berinisial E dengan penyewa atas nama Alex Tirta.

“Pemilik rumah Kertanegara no 46 Jaksel adalah E, dan yang menyewa rumah Kertanegara No.46 Jaksel adalah Alex Tirta,” kata Ade kepada wartawan, Selasa (31/10/2023).

Sementara itu, penasihat hukum Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, Ian Iskandar menyampaikan rumah di jalan Kertanegara No.46 di Jakarta Selatan hanya tempat persinggahan.

Ian mengatakan rumah tersebut hanya disewa untuk tempat beristirahat kliennya, mengingat jarak antara kantor di Jakarta lebih dekat ke Kertanegara dibandingkan ke Bekasi.

“Itu sewa, kalau beliau ke Jakarta mau rehat istirahat karena jarak dari Bekasi ke tempat dia bekerja kan cukup jauh. Untuk rehat saja, istirahat,” kata Ian dalam keterangannya, dikutip Jumat (27/10/2023).

Secara terpisah, pengacara eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Arianto mengatakan di rumah jalan Kertanegara pernah menjadi tempat pertemuan Firli dengan kliennya. “Betul pernah ketemu di situ [SYL dan Firli] tapi konon katanya itu safe house KPK,” ujar Arianto.

Safe house Firli Bahuri dengan harga sewa Rp650 juta per tahun itu ramai diperbincangkan saat tim penyidik Polda Metro Jaya menangani dugaan kasus pemerasan pimpinan KPK di Kementerian Pertanian (Kementan).

Safe house Firli Bahuri dengan harga sewa Rp650 juta per tahun itu digeledah tim penyidik Polda Metro Jaya, Selasa (26/10/2023).

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Sewa Rumah Singgah Ketua KPK Firli Bahuri di Kertanegara Capai Rp650 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya