SOLOPOS.COM - Ilustrasi jualan melalui livestreaming TikTok Shop. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Selama tiga hari ini, Rabu – Jumat (13-15/12/2023), tangan Damarratri Chandra Wijaya tidak berhenti mengemas beragam skincare dengan bubble wrap. Dia ingin memastikan barang tersebut sampai ke tangan pembeli dengan aman dan selamat.

Sejak Selasa lalu, pebisnis online shop asal Wonogiri ini juga masih disibukkan dengan ratusan pesanan yang datang dari live promo tanggal kembar di e-commerce Shopee.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Selama periode itu, Damarratri, mengaku berhasil mencatat 350-an pesanan yang ia dapat selama 15 jam melakukan Shopee Live dengan rata-rata penonton mencapai 50 orang.

Angka tersebut naik sepuluh kali lipat dibandingkan hari-hari biasa. Selama 15 jam dia melakukan live, ia hanya digantikan oleh satu co-host selama enam jam.

Sebanyak sembilan jam sisanya, ia lakukan sendiri. Ketika co-host yang melakukan live menjadi waktu Damarratri untuk makan ataupun butuh ke kamar mandi.

Ketika datang waktu Magrib, ia sudah menyiapkan rekaman yang dia tampilkan agar live tidak kosong. Damarratri memulai live sejak Senin (11/12/2023) pukul 20.30 WIB hingga Selasa pukul 02.30 WIB.

Dia kemudian melanjutkan live pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB. Ia mengaku hanya tidur malam selama tiga jam dalam momen tersebut. “Aku setop jam 21.00 WIB, malam, suaraku sudah tipis banget,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com.

Masalah lainnya adalah ketika ada kurir paket yang datang, ia harus berlari secepat mungkin dari studio live menuju halaman rumah agar tidak terkena pelanggaran karena kekosongan layar live.

Sebelum live, ia mengaku harus melakukan riset terkait algoritma platform yang digunakan dengan berpedoman pada produk-produk terlaris.

Dia hanya menjual beragam skincare, dengan dua produk terlaris adalah Yves Rocher Anti-Hair Loss Shampoo dan Jumiso Waterfull Hyaluronic.

Guna memastikan jualannya berjalan lancar, sebelumnya ia telah menyiapkan microphone agar tahan selama puluhan jam. Namun ia menyebut ada saja kendala saat ia melakukan Shopee Live, seperti masalah jaringan Internet dan stok produknya yang habis.

Dia menyebut juga mempersiapkan kesehatannya dengan meminum vitamin sebelum momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tersebut. Selama live, ia tidak berhenti menjelaskan manfaat produk, kadaluwarsa produk, cara pemakaian produk yang ditawarkan.

Bahkan ia menjelaskan cara memesan produk-produk tersebut ketika ada kendala. Ia kadangkala juga memberi rekomendasi produk yang tengah dicari konsumen agar sesuai kebutuhan kulit.

Menurut dia banyak orang menyebut promo-promo yang ditawarkan saat tanggal kembar sangat menarik pembeli. Misalnya voucher gratis ongkos kirim (ongkir), harga produk yang diskon, voucher khusus yang ditawarkan saat live, dan voucher cashback Shopee.

Pemilik Nind Family Collection, Wildan Farih, asal Blora,  bermodalkan marketplace dan tanpa stok barang bisa menjalankan usaha jual beli fesyen miliknya selama kurang lebih lima tahun. Ia menjalankan usahanya dengan sistem reseller.

Produk yang ia jual menyasar usia anak hingga remaja. Biasanya gamis remaja dan setelan anak menjadi produk miliknya yang paling laris manis. Wildan juga mencatat adanya peningkatan penjualan saat momen tanggal kembar ini.

Survei platform online, Populix, bertajuk Harbolnas Shopping Spree October 2022 sempat mengungkap beberapa pola konsumen dalam Harbolnas 2022.

Survei ini dilakukan kepada 1.274, dengan mayoritas pada kelompok usia 26-35 tahun (28%), kemudian 36-45 tahun (27%). Responden didominasi oleh kalangan pekerja (65%), disusul ibu rumah tangga (15%), dan pelajar/mahasiswa (13%).

Sebanyak 84% responden mengaku berbelanja selama Harbolnas, khususnya pada kelompok usia 26-35 tahun. Sementara itu, yang tidak berbelanja didominasi oleh kelompok usia 18-25 tahun.

Promo yang paling menarik pembeli selama Harbolnas, adalah potongan harga (31%), flash sale (22%, gratis ongkir (18%), cashback (12%), dan voucher belanja (6%).

Pakaian, produk kecantikan, dan produk perawatan tubuh adalah item yang paling banyak dibeli saat Harbolnas. Perempuan lebih menyukai produk kecantikan dan perawatan tubuh, sedangkan laki-laki suka berbelanja pakaian, elektronik dan gawai, dan produk aksesori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya