SOLOPOS.COM - Chief Executive Officer Happy White, Maryati menunjukkan produk skincare miliknya di kantor PT Natural Cosmetics Indonesia, di Solo pada Senin (21/8/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SOLO — Kebutuhan akan kecantikan bagi kaum hawa yang makin beragam membuat merek skincare lokal mulai digandrungi konsumen. Peluang ini memicu munculnya produk-produk lokal skincare yang memanaskan persaingan dengan harga yang lebih terjangkau.

Salah satunya adalah produk skincare asal Kota Solo yaitu Happy White. Dengan harga terjangkau dan kemasan yang menarik membuat produk ini digemari para perempuan di Indonesia.

Promosi Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Hektare Lahan Kritis melalui Reboisasi

Hal ini diungkapkan oleh Chief Executive Officer (CEO) Happy White, apt. Maryati, PhD saat ditemui Solopos.com di kantor PT Natural Cosmetics Indonesia, di Solo, pada Senin (21/8/2023). Dosen Farmasi Unversitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) lulusan S1 dan S2 UGM ini menjelaskan produknya dirintis sejak 2020 lalu.

Awalnya Maryati hanya menciptakan formula untuk sabun cuci muka yang ramai dicari kaum hawa saat itu. Berawal dari produk sabun cuci muka tersebut, permintaan dari konsumen setianya bertambah. Oleh sebab itu, Maryati mengembangkan produk-produk lainnya, mulai dari face toner, face serum, facial wash, body serum. Ia juga mengembangkan produk kosmetik yaitu lip cream dan cushion.

“Awalnya dari sabun dulu, terus banyak konsumen minta produk lainnya. Dari testimoni konsumen ternyata cocok, lip cream-nya juga ringan,” terang Maryati yang menamatkan studi S3 dari School of Pharmacy, University of Nottingham, Inggris ini.

Sebelum merintis produknya secara luas, Maryati memastikan produknya telah teruji Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan adanya sertifikasi tersebut, konsumen makin percaya untuk menggunakan produknya.

Selain telah tersertifikasi BPOM, produk Happy White juga aman untuk ibu hamil dan cocok untuk semua jenis kulit bagi pria maupun wanita karena menggunakan bahan alami. Beberapa kandungan seperti collagen, chlorella dan niaciamide diklaim mampu menjaga kesehatan kulit dan mampu mencerahkan wajah.

Harga produk miliknya juga terjangkau mulai dari Rp49.000 hingga Rp100.000. Ia juga menyediakan paket bundling produk cushion dan loose powder seharga Rp174.000 dan dan paket brightening skincare seharga Rp285.000.

Dengan menggunakan sistem reseller berharga khusus produknya terbesar di Yogyakarta, Semarang, dan wilayah Indonesia lainnya. Selain itu produknya juga laris manis di marketplace. Maryati juga menggunakan metode live shopping di TikTok Shop sehingga mampu berinteraksi dengan konsumen.

Selain fokus pada produk skincare miliknya, Maryati mengaku juga bertekad membangun negeri dengan membuka peluang bagi mahasiswa. Maka, lanjut Maryati, Happy White juga membuka kesempatan beasiswa untuk mendukung biaya kuliah bagi mahasiswa dengan keterbatasan ekonomi.

Masyarakat di Indonesia saat ini juga lebih menyukai produk lokal untuk menjaga kesehatan wajahnya. Hal ini berdasarkan Survei Populix Unveiling Indonesian Beauty & Dietary Lifestyle August 2022 dalam laman populix.co. Survei tersebut mengacu pada penggunaan basic skincare, dengan total responden sebanyak 10.616 orang.

Sebanyak 54% responden memilih skincare merek lokal dan hanya 11% responden memilih merek internasional. Sebanyak 35% sisanya mengaku tidak spesifik memilih merek. Ada beberapa alasan responden menggunakan produk lokal yaitu harga terjangkau, kualitas produk mirip dengan produk terkenal, value for money, aman digunakan dan manfaat dari produk.

Sebanyak 77% responden membeli produk skincare paling tidak sekali dalam sebulan dengan jumlah pengeluaran lebih dari Rp250.000. Setengah responden mengaku memilih menggunakan fitur online untuk membeli produk misalnya dari e-commerce dan media sosial.

Di tengah potensi pasar skincare yang besar tersebut, PT Natural Cosmetics Indonesia saat ini tengah membangun branding Happy White menjadi merek lokal Solo yang mengikuti tren nasional. Maryati juga menekankan banyaknya produk skincare luar negeri dan produk skincare abal-abal juga menjadi tantangan tersendiri.

Beberapa strategi pemasaran serta promosi tengah disiapkan agar penetrasi pasar produk Happy White lebih masif dan mampu merambah pasar lebih luas. “Riset untuk formula kami juga mengacu pada jurnal penelitian yang telah terbukti. Dengan bahan alami dengan formula yang saat diaplikasikan memang cocok dengan kulit Indonesia,” pungkas Maryati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya