SOLOPOS.COM - Produk UMKM berbahan limbah koran dengan merek Setyo Handmade dipamerkan di The Royal Surakarta Heritage, Pasar Kliwon, Solo. (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Sebanyak tiga hotel jaringan Accor Hotel di Solo yakni The Royal Surakarta Heritage, Novotel Solo, dan Ibis Styles Solo, konsisten memperjuangan nasib para pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Solo.

Konsistensi tersebut bahkan diklaim membuat ketiganya menjadi pelopor UMKM Hotel di Kota Solo. Salah satu upaya yang mereka lakukan yakni dengan memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM kreatif dan unik untuk memasarkan produknya.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Salah satu UMKM tersebut yakni aksesoris unik dari limbah koran dengan merek Setyo Handmade.

Setyo Handmade dipamerkan di The Royal Surakarta Heritage yang sampai hari ini berhasil mengambil hati para pelancong yang datang.

Pemilik Setyo Handmade menggunakan limbah koran sebagai bahan utama untuk membuat beberapa aksesoris cantik. Aksesoris cantik dan menarik tersebut di antaranya tas, kalung, tatakan gelas, keranjang, gelang, dan lainnya.

Bentuk aksesoris Setyo Handmade cukup cantik dan menawan, sehingga menarik para pelancong untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Solo.

Tak hanya disuguhi ragam aksesoris berbahan limbah koran, The Royal Surakarta Heritage juga menyuguhi pengunjung dengan workshop proses pembuatan tatakan gelas menggunakan limbah koran secara langsung di lobi hotel.

Melalui rilis yang dikirimkan kepada Solopos.com,  Rabu (26/4/2023), pihak hotel berharap hasil karya UMKM tersebut dapat menjadi salah satu pilihan bahkan favorit bagi tamu lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Kota Solo.

Hal itu selaras dengan apa yang dilakukan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yakni terus mendorong agar UMKM dilibatkan dalam segala kegiatan.

Khususnya memberikan wadah bagi UMKM mereka untuk memasarkan produknya agar mereka bisa naik kelas.

Terlebih, UMKM merupakan salah satu pilar penting bagi perekonomian negara. Mereka memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pelopor UMKM

Seperti yang sudah diketahui, jaringan Accor Hotel di Solo yakni The Royal Surakarta Heritage, Novotel Solo, dan Ibis Styles Solo telah lama menghidupkan program pengembangan UMKM hingga menjadi  Pelopor UMKM di Hotel untuk Kota Solo.

Ketiganya konsisten membantu promosi dan pengembangan UMKM lainnya khususnya saat Pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 yang memuncak pada 2020 lalu membuat ekonomi Indonesia terguncang termasuk UMKM yang harus beradaptasi dengan menurunkan produksi barang atau jasanya.

Banyak UMKM yang terpaksa harus mengurangi jumlah karyawan, bahkan sampai gulung tikar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya