SOLOPOS.COM - Pameran UMKM binaan PT PLN di Rumah BUMN Gunungm Kidul dalam acara Festival Pasar Senggol Turkey 2023 beberapa waktu lalu. (Istimewa/ PLN).

Solopos.com, WONOSARI — Rumah BUMN (RBUMN) Gunung Kidul binaan PT PLN (Persero) terus mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Provinsi DI.Yogyakarta dan sekitarnya untuk naik kelas.

Hal ini dibuktikan dengan partisipasi Rumah BUMN Gunung Kidul dalam serangkaian pameran kelas nasional maupun internasional.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Pada 2022 lalu, RBUMN Gunung Kidul telah mengikuti kegiatan nasional seperti pameran Pekan UMKM di Sleman, Pekan UMKM 2023 di Solo, Pameran Inacraft 2023, Bakti Relawan BUMN, dan beberapa pameran nasional lainnya.

Disusul sejumlah pameran dan show internasional dalam acara Energy Transition Working Group G20 di Jogja, pameran dalam kegiatan Sherpa Meeting G20 dan yang terbaru yakni pameran di Pasar Senggol yang dilaksanakan di Istanbul, Turki.

Edi Surbakty selaku pengelola RBUMN Gunung Kidul menyampaikan produk UMKM binaan RBUMN Gunung Kidul telah masuk pasar retail, swalayan, supermarket, hingga bandara, dan pasar internasional.

“Salah satu fokus utama kami adalah ekspor. Tempo lalu kami mendapat tawaran untuk mengikuti Festival Pasar Senggol Turkey 2023. Di sana [Pasar Senggol Turkey], kami menjadi satu-satunya yang membawa kerajinan, sehingga banyak pengunjung yang tertarik dengan produk-produk kami. Untuk PLN, kami mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan pendampingan yang telah diberikan selama ini,” tutur Edi.

Selain itu, Edi menambahkan RBUMN Gunung Kidul bekerja sama aktif dengan PLN dan instansi eksternal dalam mengelola pelatihan seperti Gerebek UMKM, Kelas Ekspor, dan Kelas Fashion maupun Kelas Regular.

Tercatat saat ini terdapat 1.616 UMKM dampingan RBUMN Gunung Kidul. Sebanyak 60 UMKM-nya memiliki target pasar tingkat nasional dengan produk bervariasi seperti snack, craft, dan fashion.

PLN
Pameran UMKM binaan PT PLN di Rumah BUMN Gunungm Kidul dalam acara Festival Pasar Senggol Turkey 2023 beberapa waktu lalu. (Istimewa/ PLN).

Dari jumlah tersebut, 8 UMKM mitra binaan seperti Alam Décor, Mount Vera, Vinda Batik Craft, Sanggar Brawijaya, FDA Craft, KSA Akar Wangi, DC 9 Rotan, dan DHeling Group bahkan memiliki produk yang berkualitas tinggi untuk bersaing di pasar internasional.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Mochamad Soffin Hadi menuturkan dukungannya untuk RBUMN Gunung Kidul.

“Rumah BUMN Gunungkidul dikelola secara mandiri dengan dukungan penuh dari PLN. Pelatihan-pelatihan dilaksanakan secara mandiri maupun bekerja sama dengan berbagai pihak. Seperti pengelolaan coffeeshop dan co-working space di Rumah BUMN Gunung Kidul melalui kerja sama dengan komunitas kopi di Gunungkidul [Gunungkidul Indie Coffee Community],” ucap Soffin.

Soffin menambahkan pihaknya juga senantiasa berkolaborasi aktif dengan Pemerintah Provinsi D.I. Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul.

Pemerintah Daerah hadir berkolaborasi dengan adanya pendampingan desa untuk pengembangan UMKM seperti pada Desa Pringombo, Rongkop, Kedungkeris, dan Gunungkidul.

Pendampingan tersebut antara lain berupa program pelayanan desa serta pelatihan-pelatihan untuk ibu PKK, tentunya hal tersebut sangatlah bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya