SOLOPOS.COM - Billie Eilish mengenakan karya milik remaja Bandung, Callista Aldenia. (Istimewa/Instagram)

Solopos.com, SOLO – Usia bukan halangan untuk berkarya, remaja asal Bandung ini telah membuktikannya. Meski baru berusia 17 tahun, Callista Aldenia mampu mendunia dengan baju desain karyanya. Bahkan desain baju karyanya dipakai oleh penyanyi terkenal Amerika Serikat (AS), Billie Eilish saat konser.

Hal tersebut dibagikan di laman Instagram @soniadewi akun media sosial milik Sonia Dewi Wiridinata, ibu dari Calista. Laman media sosial Sonia juga membagikan informasi bahwa Billie bukan hanya memesan satu melaikan empat set pakaian buatan Callista. Selain Billie, beberapa artis dan pesohor dunia seperti penyanyi Grimes mantan istri Elon Musk, Daniel Caesar, Tyler The Creator, dan juga Emo Nite juga mengenakan baju buatan Callista saat konser musik di Coachella.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Tak mau kalah, sejumlah artis Indonesia juga memesan baju buatan Callista. “Lula Lahfah juga mau pesan ke saya baru baru ini,” ungkap Callista seperti dikutip dari laman bandung.go.id, Senin (27/2/2023).

Melalui label dressedlikeparent yang berbasis di Bandung, Callista membutuhkan waktu sekitar 2 bulan untuk mengerjakan proyek custom outfit yang dikenakan Billie Eillish. Menurut keterangan ibu Callista, Sonia di laman Instagram @soniadewi, Callista bahkan rela lembur dan tidak mengikuti ujian sekolah demi mengejar tenggat waktu pengerjaan outfit pesanan Billie Eillish.

Sejak kecil Callista memang memiliki minat dalam mendesain dan punya hobi mencari baju bekas atau biasa disebut thrifting. Kemampuan Callista juga didukung keluarga yang berbisnis di bidang fashion dan reseller dari brand terkenal di Indonesia.

“Dari kecil suka bikin desain baju yang konsepnya unik dan berbeda dari lainnya. Saya menggunakan beberapa bahan untuk membuat satu desain. Pernah juga beberapa kali ke Jakarta Fashion Week. Setelah itu, saya semakin mendalami fashion. Itu kelas 3 SD,” ujarnya berkisah.

Callista Aldenia mampu mendunia dengan baju desain karyanya. (Istimewa/bandung.go.id)
Callista Aldenia mampu mendunia dengan baju desain karyanya. (Istimewa/bandung.go.id)

Saat masa pandemi Covid-19 mulai melanda tanah air, Callista justru memberanikan diri untuk membuka usaha thriftnya lebih serius. Mulailah ia menjual baju bekas secara daring dengan kisaran Rp90.000-Rp100.000.

Ia pun mulai menyelami desain-desain yang kini tengah digandrungi pasaran. Ternyata desain baju unik dan aneh menjadi daya tarik tersendiri di bidang fashion thrift.

“Lalu saya lihat, orang luar negeri kok kalau bikin baju desainnya unik dan aneh. Ternyata mereka bikin dari baju bekas. Dari situ saya berpikir, di Indonesia harus ada yang seperti ini juga. Biar industri kreatifnya semakin tumbuh. Bikin baju tapi dari baju bekas, sehingga tidak mencemari lingkungan,” jelasnya.

Dari situlah ia pun memulai rework thrift shop menjadi desain yang lebih baru lagi dan membuat brand sendiri bernama dressedlikeparents. Ia mengerjakan semua pesanan sambil bersekolah. Kini, Callista sudah duduk di kelas 2 SMA dan menempuh pendidikan serta pesantren di Generus Nusantara Boarding School (GNBS) Kendal.

“Tapi, dari SMA kelas 1 itu sudah mulai hiatus sebenarnya. Apalagi setelah saya mondok di Kendal. Jadi, pesanan Billie Eilish itu sebenarnya sekitar tahun lalu. Ada 8 item yang dipesan untuk 4 set pakaian,” paparnya.

Produknya yang sudah berkelana sampai ke mancanegara ternyata karena ia menggunakan caption berbahasa Inggris. Hal ini membuat postingan desain Callista bisa masuk dalam algoritma akun-akun luar negeri.

“Saya promosi dressedlikeparents itu dengan caption bahasa Inggris. Jadi mungkin karena itu, akhirnya produk saya bisa masuk ke algoritma medsosnya orang luar negeri. Jadinya banyak yang pesan juga dari luar negeri,” tuturnya.

Untuk kisaran harga yang ia tawarkan di dressedlikeparents berbeda-beda, tergantung tingkat kesulitan dan siapa customer yang memesannya. Kalau custom rework seperti baju-baju biasa, ia bandrol mulai dari Rp300.000-Rp1,5 jutaan.

“Tapi kalau untuk artis ya biasanya saya bedain. Waktu itu ada juga yang lelang sampai Rp6 juta-Rp7,8 juta. Ada juga yang malas untuk ‘war’ di Shopee, akhirnya dia sampai mau bayar lebih dari semula Rp1,5 juta tapi dia beli Rp5,5 juta,” akunya.

Karya buatan Callista juga diapreasi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

“W-O-W B-G-T remaja 17 tahun asal kota Bandung (@valdstc) dengan jenamanya (@dressedlikeparents) mendapat order special cuctoms dari @billieeilish, ” demikian tulis Sandiaga dalam unggahan Instagram resminya.

Tak sekadar memberi apreasiasi, Sandiaga juga memakai baju buatan Callista saat menghadiri acara TV Rumpi bersama Neil El Himam, Deputi Bidang Ekonomi Digital & Produk Kreatif.

Callista juga berpesan kepada anak muda yang mau mengikuti jejaknya berbisnis rework thrift untuk tetap mengutamakan originalitas dalam desain. Menurutnya, karya sendiri akan lebih baik daripada meniru karya orang lain. Ia juga menambahkan untuk memanfaatkan media sosial dalam menjual karya rework thrift.

“Gunakanlah soul kita masing-masing karena yakin kalau itu lebih bagus daripada kalau kita contek desain orang,” ujarnya dikutip dari website bandung.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya