SOLOPOS.COM - Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Kota Solo. (Dok Solopos)

Solopos.com, SOLO – Meski tak sebanyak wisatawan nusantara, destinasi wisata di Solo mampu menjadi daya tarik kuat bagi wisatawan mancanegara saat periode libur Lebaran. Jumlah turis asing yang berkunjung ke Solo saat libur Lebaran sebanyak 83 orang.

Sebagian besar turis asing tertarik dengan wisata heritage di Kota Solo seperti Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Pura Mangkunegaran. Mereka berkunjung ke dua ikon wisata heritage tersebut saat libur Lebaran. Para turis asing itu ingin mencari sensasi sejarah serta seni dan budaya saat mengunjungi destinasi tersebut.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Seorang anggota Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Solo, Akira Adhi, mengatakan sebagian besar turis asing berasal dari Asia seperti India, Malaysia, Singapura, Tiongkok, dan Jepang. Namun, ada beberapa turis asing yang berasal dari Eropa seperti Belanda dan Prancis.

“Sebenarnya, turis asing kan tidak mengenal Lebaran. Mereka datang ke Solo kebetulan momennya saat libur Lebaran. Berbeda dibanding wisatawan lokal atau domestik saat libur Lebaran. Pemandu wisata di Pura Mangkunegaran sampai kewalahan lantaran saking banyaknya wisatawan,” kata dia, saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (28/4/2023).

Adhi mengaku menguasai bahasa Jepang sehingga kerap mendampingi turis asing dari Negeri Sakura yang berkunjung ke Kota Bengawan. Dia bertugas mengantar dan mendampingi turis asing dari Jepang saat berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di Solo seperti Keraton Solo dan Pura Mangkunegaran.

Dibanding periode yang sama pada 2022, jumlah turis asing yang berkunjung ke Solo jauh lebih besar saat libur Lebaran pada tahun ini. “Tahun lalu, turis asing belum begitu banyak. Pembatasan sosial di masing-masing negara masih ketat. Jadi, mereka tak bisa sembarangan berangkat ke luar negeri,” ujar dia.

Lebih jauh, Adhi menambahkan biasanya, rombongan turis asing didampingi oleh pemandu wisata sesuai dengan keterampilan bahasa asing yang dikuasai. Pemandu wisata juga wajib mengantongi sertifikasi pramuwisata yang membuktikan kompetensi keterampilan kerja.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Destinasi dan Pemasaran Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solo, Gembong Hadiwibowo mengatakan jumlah wisatawan mancanegara yang mengunjungi destinasi wisata di Solo saat periode libur Lebaran sebanyak 83 orang. Rata-rata turis asing berminat mengunjungi Keraton Solo dan Pura Mangkunegaran yang menjadi ikon wisata heritage di Kota Bengawan. “Selain Keraton Solo dan Mangkunegaran, beberapa turis asing tertarik mengunjungi pasar tradsional di Solo. Terutama Pasar Klewer,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya