SOLOPOS.COM - SPBU Pertamina atau pom bensin berwarna hijau. (Pertamina.com)

Solopos.com, JAKARTA–PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) mencatat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) pada arus balik Lebaran 2022 mengalami peningkatan hingga 29% dibandingkan dengan periode normal.

Peningkatan 29% ini relatif lebih rendah dari pada torehan konsumsi BBM saat puncak arus mudik yaitu di angka 41%.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Pada arus balik, Pertamina berhasil memenuhi kebutuhan BBM pemudik yang meningkat hingga 29% pada puncaknya. Pada periode itu, lebih dari 170.000 kendaraan bergerak dari timur menuju wilayah Jabodetabek naik 2,2% dibandingkan 2019 atau 159% dibandingkan 2021. Seluruh pemudik, Pertamina layani dengan maksimal dan setiap hari pun kami terus monitor agar stok dan distribusi di SPBU berjalan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan BBM yang luar biasa sepanjang arus mudik dan balik ini,” ujar dia.

Tren konsumsi BBM pemudik juga dapat terlihat selama periode H+3 hingga H+6 arus balik.

Untuk wilayah dengan peningkatan konsumsi tertinggi terjadi di Kabupaten Brebes, dengan peningkatan konsumsi mencapai 813 Kilo Liter (KL) per hari atau meningkat 120% dibandingkan rerata normal yang hanya 368 KL/hari.

Baca Juga: Permintaan BBM Naik 58 Persen, Dirut Pertamina Pastikan Stok Aman

Wilayah dengan konsumsi tertinggi selanjutnya adalah Kabupaten Kebumen, 678 KL/hari atau naik 119% dibandingkan kondisi normal yakni 309 KL/hari, dan Kabupaten Tegal 743 KL/hari atau naik 102% dibandingkan kondisi normal di angka 366 KL/hari.
Rekor tidak hanya terpecahkan di jalur darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat pergerakan pesawat dan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta mencapai rekor tertinggi sejak pandemi pada Minggu (8/5/2022) atau H+5 Lebaran yang diprediksi menjadi puncak arus balik, tercatat ada 1.130 penerbangan dengan 150.000 penumpang.

“Hal ini juga terbukti dari konsumsi Avtur pada puncak arus balik lalu pada Jumat, Sabtu, dan Minggu yang meningkat hingga naik 24% secara nasional,” kata dia.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Pertamina Catat Konsumsi BBM Naik 29 Persen saat Arus Balik 2022

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya