SOLOPOS.COM - Pengunjung mengambil gambar petunjuk arah di titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (19/4/2022). (Antara/Bayu Pratama S.)

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Keuangan (Kemenkeu) optimistis pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) berjalan sesuai rencana.

“Kita optimistis bahwa pembangunan infrastruktur, pembangunan fisik itu sudah menunjukkan progresnya yang cukup berarti, sehingga kita semua sangat mendukung, sangat optimistis jika pembangunan IKN terutama infrastruktur sudah di track yang benar,” kata Direktur Harmonisasi Peraturan Penganggaran Direktorat Jenderal Anggaran Kemenkeu Didik Kusnaini dalam keterangannya, di Jakarta, Sabtu (22/7/2023) seperti dilansir Antara.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Didik berharap melalui kerja sama dan sinergi antarkementerian dan lembaga, pemerintah dapat menyelesaikan pembangunan IKN secara tepat waktu.

Sejumlah pejabat dari Kemenkeu mengungkapkan optimismenya setelah melihat langsung pembangunan IKN di lapangan.

Kunjungan tersebut diikuti oleh rombongan dari lingkungan Kemenkeu, seperti Direktorat Jenderal Anggaran (DJA), Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb), Bea Cukai, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), dan lainnya.

Didik menyebutkan, kunjungan dari Kemenkeu ke IKN kali ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana realisasi dari regulasi, penganggaran, dan fasilitas yang juga disusun oleh Kemenkeu.

“Kita ingin mengetahui di lapangan apakah yang kita lakukan benar-benar telah yang dibutuhkan dan kita ingin merasakan feels-nya di IKN itu seperti apa. Selain itu, untuk memastikan apa yang kita susun, fasilitas, insentif, regulasi, penganggaran itu benar dilaksanakan di sini,” ujarnya.

Kepala Biro Hukum Kemenkeu Tio Serapina Siahaan mengajak masyarakat untuk turut mendukung pembangunan IKN. Sebab, menurutnya, IKN merupakan momentum Indonesia bergerak menjadi negara yang luar biasa.

“Saya benar-benar semangat ketika diajak ikut kunjungan ini dan ketika melihat perkembangan yang sudah dibangun semakin semangat lagi,” katanya pula.

Optimisme juga disampaikan oleh Sekretaris Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Dini Kusumawati.

Dia berharap ke depannya pembangunan IKN dapat segera selesai dan akan menjadi sebuah kota cerdas yang tak hanya layak huni tetapi juga dicintai.

“Alhamdulillah waktu saya lihat-lihat, saya sangat optimis jadi di beberapa titik ternyata melebihi target dan insya Allah saya yakin dengan optimisme semua yang ada di sini kita akan menyelesaikan tepat waktu dan semoga bisa lebih cepat,” ujar Dini pula.

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) berencana membangun kawasan resor (resort) hingga pusat penelitian dan pengembangan (research and development/R&D center) di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dalam kunjungannya meninjau langsung progres pembangunan IKN, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (10/7/2023), mengatakan investasi perusahaan migas di IKN diharapkan akan segera terlaksana dalam waktu dekat.

“Pertamina menargetkan sebelum Agustus 2024 akan ada investasi yang terwujud,” katanya lewat keterangan di Jakarta, Selasa (11/7/2023) seperti dilansir Antara.

Dalam kesempatan itu, Ahok beserta rombongan mengunjungi lokasi Titik Nol IKN yang merupakan titik geodesi referensi.

Rombongan juga meninjau pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Barat melalui Menara Pandang Sumbu Barat, yakni jalan yang menghubungkan antara Istana Negara hingga Mangrove Ecopark.

Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita IKN (OIKN) Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi menyambut baik dukungan Pertamina tersebut.

“Kami menyambut baik rencana investasi Pertamina di IKN. Pertamina rencana akan membangun kawasan resort 1.000 kamar, lapangan golf 36 holes, rumah sakit, universitas bertema vokasi, dan pusat research and development,” ujarnya pula.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya