SOLOPOS.COM - Petani berjalan di pematang sawah ditanami kedelai di Desa Burikan, Kecamatan Cawas, Kamis (18/8/2022). Pemerintah pusat menargetkan Indonesia bisa swasembada kedelai 2024. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, JAKARTA — Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertanian (Kementan) Jan S Maringka mengatakan jajarannya terus memperkenalkan tanaman kacang koro sebagai makanan alternatif atau substitusi kedelai.

“Tanaman [kacang koro] ini terus kita kembangkan dan perkenalkan kepada petani,” kata Irjen Kementan Jan S Maringka saat panen Kacang Koro di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Ia mengatakan tanaman kacang koro ini bisa menjadi tanaman sela karena dapat ditanam di antara kelapa atau tanaman jenis lainnya.
“Selain itu bisa juga menjadi makanan alternatif untuk mencegah stunting,” ujar Jan S Maringka.

Ia berharap kacang koro bisa dibudidayakan bukan hanya untuk Minahasa, tetapi juga bibitnya bisa dikembangkan dan menjadi bibit alternatif yang bisa disebar di seluruh Indonesia.

Kementerian, kata dia, sudah mulai melalukan hal ini. Artinya secara bertahap melakukan penggalangan dan memperkenalkan dengan petani dan pekebun agar tidak alergi lagi atau enggan dengan tanaman jenis ini ketika ditanam.

Ketika ditanya kehadiran kacang koro ini apakah akan mengurangi impor kedelai, Jan S Maringka menjawab diplomatis. “Kami berharap dengan kekuatan Indonesia sendiri, seperti kacang koro yang dihasilkan di Indonesia, bisa bermanfaat untuk Indonesia,” kata dia.

Bahkan mungkin ke depan, kata dia, kalau seluruh Indonesia sudah menghasilkan komoditas ini maka bakal menjadi andalan pada masa datang, termasuk di Sulawesi Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya