SOLOPOS.COM - Respati Ardi terpilih sebagai Ketua Umum Hipmi Solo periode 2023-2026. (Istimewa).

Solopos.com, SOLO – Merintis usaha atau menjalankan roda bisnis bukanlah hal yang mudah. Apalagi untuk para pemula yang ingin mencoba peruntungannya dan meniti jalur karir yang menanjak di masa depan.

Selama ini, banyak masyarakat yang memiliki persepsi modal adalah hal paling penting untuk memulai karir dalam membuka usaha.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Meskipun tidak sepenuhnya salah, banyak hal penting lainnya dalam memulai usaha demi mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Jika berniat ingin merintis usaha, tidak ada salahnya menyimak beberapa tips menjadi enterpreneur sukses yang bisa diterapkan saat merintis usaha.

Memahami bisnis yang hendak dijalankan menjadi salah satu kunci sukses ketika awal merintis usaha. Jangan hanya melihat orang yang menghasilkan uang dari bisnis yang dijalankan.

“Bagi pemula yang ingin merintis usaha perlu visi dan misi serta ide yang brilian sebagai bagian dari proses memilih jalur usaha yang akan dilakoni. Ini penting agar tidak hanya ikut-ikutan,” kata Ketua BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Solo, Respati Ardi, saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (12/5/2023).

Ardi, sapaan akrabnya, mengatakan merintis bisnis harus siap belajar dari waktu ke waktu. Menimba ilmu dan pengamalan dari wirausaha yang moncer atau rekan bisnis yang telah makan asam garam saat menjalankan roda bisnis.

Hal ini bagian dari proses menjadi wirausaha yang inovatif dan kreatif saat melihat celah peluang bisnis yang menjanjikan dan prospektif. Bagi para pengusaha muda, hal ini sangat penting untuk membangun kepercayaan diri dan problem solving dalam berbisnis.

“Anak muda atau milenial yang berniat merintis bisnis harus memahami ekosistem bisnis atau jaringan bisnis seperti pemasok, distributor, pelanggan, kompetitor, instansi pemerintah dan pihak-pihak yang terlibat dalam mata rantai bisnis,” ujar dia.

Setiap pengusaha pasti pernah merasakan kegagalan dalam mengelola lini bisnis. Kegagalan merupakan hal yang wajar dalam berbisnis.

Pengusaha muda harus mengambil pelajaran berharga dari kegagalan itu untuk bangkit dalam menjalankan roda bisnis. Banyak pengusaha sukses menjadikan kegagalan sebagai guru terbaik untuk mencapai kesuksesan.

Terakhir, kesuksesan bisnis tak lepas dari peran tim yang solid, kuat dan kompak. Membentuk tim bisnis bukan perkara mudah. Pengusaha harus jeli dan teliti memilih sumber daya manusia (SDM) yang memiliki bakat dan talenta bisnis. Mereka juga menjadi aset paling berharga menuju puncak kesuksesan dalam membangun lini bisnis.

“Jangan ragu-ragu jika ada peluang besar merinitis bisnis. Segera action dan lakukan,” kata dia.

Selain menjabat sebagai Ketua Hipmi Solo, Respati Ardi memiliki sederet lini bisnis di Soloraya dan Jakarta.

Ardi menjabat sebagai direktur beberapa perusahaan, seperti PT Tiara Ardi Pratama yang bergerak di bidang properti, PT Putrojoyo-RM Tojoyo 3, dan PT Limaraya Sejahtera Energi yang bergerak di bidang ekspor used cooking oil (UCO) atau minyak jelantah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya