SOLOPOS.COM - Rangkaian kereta api di Stasiun Garut, Jawa Barat. (Antara/HO-Diskominfo Garut)

Solopos.com, GARUT — Masyarakat Garut sepertinya masih harus bersabar untuk bisa menikmati layanan transportasi darat kereta api (KA) yang melayani jalur stasiun Garut-Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Dikutip dari Antara, menurut Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartyanto, izin operasional kereta api komersial jalur Stasiun Garut-Cibatu, masih dalam proses di Kementerian Perhubungan.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

“Tunggu, ini kan masih proses di Kementerian Perhubungan, harapannya tidak terlalu lama,” katanya saat meninjau uji coba kereta api di Stasiun Garut, Jabar, Sabtu (19/2/2022).

Baca juga: Tarif 12 Ruas Tol akan Naik Awal Tahun Ini, Mana Saja?

Didiek menuturkan bahwa sebenarnya secara keseluruhan jalur reaktivasi kereta api Stasiun Garut-Cibatu sudah siap beroperasi untuk melayani masyarakat.

Sesuai aturan, lanjutnya, memang sebelum kereta api dioperasikan harus dilakukan uji coba dan mengecek berbagai aspek keselamatannya hingga akhirnya bisa diresmikan.

Ia mengungkapkan kunjungannya ke Stasiun Garut merupakan tindak lanjut dari uji coba kereta yang dilakukan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri.

“Beliau memesan untuk dikembangkan, diamati aspek keselamatan dari rencana pengoperasian kereta api Cibatu-Garut. Ini kami mengamati sendiri dan menindaklanjuti itu,” katanya.

Baca juga: Ini Jadwal KA Prameks Jogja-Kutoarjo Terbaru 2022

Dirut PT KAI Didiek berharap pemberian izin pengoperasian kereta api tidak berlangsung lama, sehingga kehadiran kereta api ke Stasiun Garut secepatnya terlaksana.

Didiek menambahkan kereta api komersial yang akan siap dioperasikan rencananya ada tujuh gerbong terdiri atas enam gerbong penumpang dan satu gerbong restoran dan ditambah genset.

“Harapannya, dengan uji coba-uji coba yang terus kita lakukan ini bisa memberikan kepastian bagi pemerintah,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya