SOLOPOS.COM - Kepala Kantor Perwakilan BEI Jawa Tengah 2, Muhammad Wira Adibrata (tengah), bersama para pengurus GI saat menerima penghargaan dalam kegiatan Road to Galeri Investasi (GI) Award 2023, Senin (27/11/2023). (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Jawa Tengah (Jateng) 2 Solo, menggelar Road to Galeri Investasi (GI) Award 2023, Senin (27/11/2023).

Sejumlah penghargaan diberikan pada GI terbaik yang ada di wilayah kerja BEI Jawa Tengah 2. Kegiatan tersebut menjadi ajang berkumpulnya para pengurus GI dan mahasiswa penggiat pasar modal di sejumlah kampus.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Total ada 36 GI yang terlibat dalam acara yang digelar Kantor Perwakilan BEI Jateng 2, Solo, tersebut. Beberapa pemenang ditetapkan dalam Road to GI Award 2023 yang berlangsung pada periode Januari – Oktober 2023 ini.

GI Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Mas Said Surakarta muncul sebagai jawara. GI tersebut menyabet juara 1 atas beberapa pencapaian, di antaranya pembukaan rekening efek baru sebanyak 571, menggelar kegiatan terbanyak yakni 57 kegiatan edukasi, dan akumulasi nilai transaksi sebesar Rp943.937.400.

“Penilaian kami berdasarkan kepada peran keberadaan Galeri Investasi itu sendiri. Bagaimana menjalankan program edukasi, apa manfaat yang telah diberikan dalam hal ini adalah edukasi dan secara spesifik atas keberhasilannya mencetak investor investor baru,” kata Kepala Kantor Perwakilan BEI Jawa Tengah 2, Muhammad Wira Adibrata, dalam rilis, Selasa (28/11/2023).

Atas prestasi tersebut, Kantor Perwakilan BEI Jawa Tengah 2 memberikan penghargaan berupa sertifikat dan uang pembinaan sebesar Rp2.500.000.

Selanjutnya, juara 2 diraih oleh GI Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dengan pencapaian jumlah transaksi yang melebihi rata-rata GI lainnya yakni Rp3,3 miliar.

UMS mendapat sertifikat penghargaan dan uang pembinaan senilai Rp2 juta. Sementara juara 3 diraih GI Universitas Slamet Riyadi dengan pencapaian 9 kali kegiatan, 166 rekening saham baru.

BEI Jateng 2 juga memberikan penghargaan dari kategori kedua jumlah kegiatan dan jumlah peserta yang telah berhasil diedukasi. Juara 1 diraih oleh GI Universitas Islam Batik Surakarta dengan 15 Kegiatan Edukasi dan berhasil mengedukasi 689 peserta.

Juara 2 GI Institut Agama Islam Negeri Ponorogo dengan 5 kegiatan edukasi yang menyasar 807 Peserta. Kemudian juara 3 adalah GI Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret dengan 5 kegiatan edukasi yang menyasar 344 peserta.

Masing-masing mendapatkan hadiah Rp2,5 juta, Rp2 juta dan Rp1,5 juta.

“Kami juga memberikan apresiasi bagi galeri yang tertib secara administrasi. Mulai dari pelaporan bulanan yang tepat waktu, laporan pertanggungjawaban dan juga administrasi lainnya melalui system RDIS,” jelas Wira.

Adapun juara untuk kategori tersebut adalah GI Universitas Dharma AUB, Juara 2 GI Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia, dan juara 3 GI Politeknik Pratama Mulia.

Dijelaskan bahwa GI juga merambah ke tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dengan nama Galeri Investasi Edukasi. Kategori Galeri Investasi Edukasi terbaik diberikan kepada SMA Muhammadiyah 1 Sragen.

Sementara Galeri Investasi Edukasi terbaik dengan berbagai inovasinya dimenangkan oleh SMK Negeri Jenawi. Wira mengatakan SMK tersebut sangat unik dalam memberikan edukasi.

Di antaranya melalui program edukasi pasar modal dengan tema kemah cuan dan angkringan cuan. Dimana menampilkan konsep wedangan sambil mengobrol saham dan lainnya.

Wira melanjutkan, selain ada di kampus dan sekolah, GI juga ada pada instansi atau non kampus. Di Jateng 2 terdapat 3 galeri non-kampus yakni, GI MPP Surakarta, GI KPP Pratama Surakarta dan GI Digital Komunitas UMKM Gradasi Surakarta.

Sementara, pemenang Galeri Investasi non kampus ini diraih oleh GI Digital Gradasi Surakarta.

“Dengan adanya apresiasi tersebut diharapkan dapat memberikan semangat untuk terus berperan aktif mengenalkan informasi informasi kepada masyarakat yang ingin berinvestasi di pasar modal. Galeri Galeri akan semakin bermanfaat baik untuk lingkungan kampus maupun masyarakat luas,” kata dia.

Kegiatan gathering itu juga menjadi ajang saling tukar informasi, ajang diskusi para pengurus dan mahasiswa penggiat pasar modal di masing-masing kampus sebagai evaluasi dan penyusunan program 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya