SOLOPOS.COM - Penumpang keluar dari KA Argo Semeru yang mengalami anjlok di Lukonprogo. (Istimewa/Twitter @TRCBPBDDIY)

Solopos.com, KULONPROGO – Kereta Api (KA) Argo Semeru tujuan Jakarta mengalami kecelakaan anjlok di Stasiun Lama, Kalimenur, Sentolo, Kabupaten Kulonprogo, Selasa (17/10/2023) sekitar pukul 13.15 WIB. Insiden anjloknya KA Argo Semeru itu membuat KAI Commuter membatalkan perjalanan Commuter Line Prambanan Ekspres (Prameks) relasi Yogyakarta-Kutoarjo.

“KAI Commuter memohon maaf atas pembatalan sementara perjalanan Commuter Line Prambanan Ekspres (Prameks) untuk relasi Yogyakarta – Kutoarjo dan sebaliknya mulai Selasa, (17/10/2023) siang. KAI Commuter melakukan pembatalan perjalanan tersebut imbas kendala operasional perjalanan kereta api jarak jauh di lintas Sentolo – Wates,” demikian pernyataan KAI Commuter yang disampaikan Manager External Relations & Corporate Image Care, Leza Arlan.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Dalam pengumuman singkat yang diterima Solopos.com melalui WhatsApp (WA), Leza Arlan mengatakan untuk menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan kereta, pembatalan perjalanan sementara Commuter Line Prameks dilakukan pada seluruh jadwal perjalanan. Pembatalan perjalanan Prameks itu berlangsung hingga jalur pada lintas tersebut dapat dilalui kembali.

“Bagi pengguna Commuter Line Prameks yang sudah memiliki tiket perjalannya dapat melakukan pembatalan tiket KA atau bea pengembalian 100% secara tunai melalui loket-loket yang tersedia di Stasiun keberangkatan Commuter Line Prameks,” lanjut Leza Arlan.

KAI Commuter mohon maaf atas ketidaknyamanannya atas pembatalan perjalanan Commuter Line Prameks. “Untuk informasi lebih lanjut terkait operasional layanan perjalanan Commuter Line bisa dilihat di sosial media @commuterline atau dapat menghubungi Call Center 121.”

Sebelumnya diberitakan, Kereta Api Argo Semeru tujuan Jakarta mengalami kecelakaan anjlok di Stasiun Lama, Kalimenur, Sentolo, Kabupaten Kulonprogo, Selasa (17/10/2023) sekitar pukul 13.15 WIB.  Tak lama setelah KA Argo Semeru anjlok, terlihat KA Argo Wilis juga mengalami pemberhentian mendadak karena jalur dihalangi kereta dari Argo Semeru yang anjlok.

Informasi yang dihimpun dari TRC BPBD Daerah Istimewa Yogyakarta melalui unggahan di akun Twitter @TRCBPBDDIY, beberapa video menunjukkan sejumlah gerbong KA Argo Semeru mengalami anjlok dari rel kereta api tersebut. Beberapa gerbong bahkan terlihat terguling. Hampir seluruh rangkaian kereta api tersebut anjlok dari rel.

Penumpang kereta api tersebut pun terlihat berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri. Di video lain, terlihat saat para penumpang sedang menyelamatkan diri dengan keluar dari kereta. Ada rangkaian KA Argo Wilis yang sedang melaju cukup kencang. Terdengar suara dentuman saat KA Argo Wilis tersebut melintasi rangkaian KA Argo Semeru yang kondisinya anjlok. Namun, terlihat KA Argo Wilis tersebut berhasil mengerem mendadak dan berhenti.

Seorang petugas dari TRC BPBD DIY dalam siaran langsungnya menyampaikan bahwa telah terjadi kereta api anjlok KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis. Kejadian itu terjadi pada Selasa sekitar pukul 13.15 WIB.

“TRC BPBD DIY saat ini sedang melakukan evakuasi dan asesmen terkait kejadian kereta api anjlok pada siang hari ini,” kata dia yang dikutip Solopos.com. Petugas itu menyebut ada rel yang terlepas dari bantalan. Diduga ini menjadi penyebab peristiwa kecelakaan kereta api anjlok tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya