SOLOPOS.COM - Dari kiri ke kanan: Ketua Kadin Komite Indonesia Tiongkok (KIKT) Garibaldi Thohir, Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Wakil Ketua Umum IV Kadin Indonesia Carmelita Hartoto seusai penandatanganan komitmen penguatan kerja sama Indonesia-Tiongkok di acara perkenalan dan silaturahmi pengurus KIKT di Jakarta pada Sabtu (23/7/2022). (Dok. Kadin Indonesia)

Solopos.com, JAKARTA-Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia siap mengoptimalkan kerja sama ekonomi dan investasi dengan China. Dengan terciptanya hubungan kerja sama yang baik diharapkan bisa saling menguatkan perekonomian satu sama lain demi terwujudnya pemulihan ekonomi global yang inklusi.

Ketua KIKT Garibaldi Thohir mengatakan Komite Tiongkok merupakan salah satu komite strategis bagi Kadin terutama karena nilai total perdagangan Indonesia dengan China pada 2021 mencapai lebih dari US$100 miliar atau meningkat 40% dari tahun 2020.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Angka ini diprediksi akan terus meningkat. Sebab pada periode Januari hingga Mei 2022 ini, data perdagangan Indonesia-China memperlihatkan sudah mencapai hampir US$50 miliar atau naik 27,5% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2021.

Baca Juga: Pemilu 2024, Kadin Serukan Ajakan Bertanding untuk Bersanding

Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) berkomitmen untuk bahu membahu dengan pemerintah, memastikan investor Tiongkok dapat menjalankan bisnisnya dengan baik dan mendapatkan mitra terbaik di Indonesia, serta meningkatkan ekspor Indonesia ke Tiongkok.

“Saya berharap bahwa hubungan baik yang terjalin antara Indonesia-Tiongkok selama lebih dari 70 tahun dan terus membaik dari waktu ke waktu, khususnya dalam hubungan ekonomi, sehingga dapat mendukung Indonesia untuk meningkatkan pertumbuhan dan melakukan transformasi ekonomi, demi Indonesia yang lebih baik dan lebih maju,” paparnya dalam penandatanganan komitmen penguatan kerja sama Indonesia- Tiongkok di acara perkenalan dan silaturahmi pengurus KIKT di Jakarta pada Sabtu (23/7/2022).

Baca Juga: Kadin Berharap Investasi Sektor Infrastruktur Digenjot, Kenapa?

Selain itu, KIKT juga akan berusaha mempererat people to people diplomacy dengan Tiongkok, melalui kerja sama UMKM, seni budaya, entertainment, juga food diplomacy.

Sementara itu Ketua Umum Kadin, M. Asrjad Rasjid,  mengatakan Kadin mendukung penuh pembentukan komitmen kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok, serta siap dalam memberikan bantuan yang diperlukan demi kelancaran kerja sama bilateral ini.

Selain pembentukan komitmen ini, Kadin juga akan melakukan B20 Roadshow di Beijing, Tiongkok pada 25-27 Juli ini. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi dengan Tiongkok dan  mengajak bisnis komunitas di Tiongkok untuk berpartisipasi dalam kegiatan acara Bisnis Forum B20.

Baca Juga: Kadin Desak Pemerintah Segera Ratifikasi RCEP, Begini Alasannya

Arsjad juga berharap ke depannya hubungan antara Indonesia dan China akan semakin baik serta saling menguatkan perekonomian satu sama lain demi terwujudnya pemulihan ekonomi global yang inklusi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya