SOLOPOS.COM - Menteri Pertambangan dan Energi Indonesia 1978-1988 Prof. Dr. Soebroto meninggal dunia pada Selasa (20/12/2022) di Jakarta. (Istimewa/Bisnis.com)

Solopos.com, JAKARTA – Mantan Menteri Pertambangan dan Energi Indonesia era Presiden Soeharto, Prof. Dr. Soebroto meninggal dunia pada Selasa (20/12/2022), pukul 16.25 WIB di Jakarta. Soebroto diketahui berasal dari Kampung Sewu, Jebres, Solo.

Soebroto yang pernah menjabat sebagai Sekjen Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) dan penasihat Medco Group itu meninggal pada usia 99 tahun. “Manajemen dan keluarga besar Medco Group berduka cita yang sedalam-dalamnya dan akan sangat kehilangan beliau,” kata Direktur Utama PT Medco Energi Internasional Tbk. Hilmi Panigoro melalui siaran pers, Selasa (20/12/2022).

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Hilmi menyampaikan bahwa sosok Soebroto bakal tetap menjadi inspirasi bagi industri minyak dan tambang dalam negeri mendatang. “Jasa dan suri teladan yang beliau tunjukkan akan selalu menjadi panutan bagi kami,” kata dia.

Soebroto lahir pada 19 September 1923. Soebroto yang dijuluki ‘Tokoh Minyak Indonesia segala Zaman’ ini berasal dari Solo. Dia dikenal sebagai tokoh yang mengabdikan diri di bidang perminyakan sepanjang hidupnya.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Menguat Gegara Janji Manis Xi Jinping

Selain itu, dia juga dikenal sebagai pendiri dan ketua dari Masyarakat Pertambangan dan Energi atau Bimasena. “Informasi waktu dan tempat persemayaman serta pemakaman akan kami beritahukan lebih lanjut,” tulis keterangan pers Bimasena.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Kabar Duka, Tokoh Minyak Indonesia Prof. Soebroto Meninggal Dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya