SOLOPOS.COM - Bandara Adi Soemarmo bersiap untuk kembali meramaikan traffic penerbangan nusantara. Untuk itu, Bandara Adi Soemarmo, akan menambah waktu operasional bandara mulai Rabu (25/10/2023). (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Meski belum pulih secara total pascapandemi Covid-19, selama 2023, penerbangan di Bandara Adi Soemarmo telah mencatatkan meningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk jumlah penumpang tercatat mengalami kenaikan sebesar 55,70%. PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo optimistis pada 2024 ini pergerakan penerbangan akan semakin baik lagi.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Erick Rofiq Nurdin, menjelaskan untuk trafik penerbangan di tahun 2023, Bandara Adi Soemarmo mencatat 8.948 pergerakan dengan jumlah penumpang tercatat sebanyak 1.213.528 penumpang dan kargo sebanyak 3.070.275 kg.

“Meskipun dunia penerbangan belum sepenuhnya pulih pascapandemi Covid-19, namun dari data yang kami catat, dibandingkan tahun sebelumnya penerbangan pada 2023 telah mengalami peningkatan sebesar 51,38%, sementara jumlah penumpang mengalami kenaikan sebesar 55,70% dan jumlah kargo pesawat udara mengalami peningkatan sebesar 98,28%,” jelas Erick dalam rilis, Senin (1/1/2024).

Disebutkan bahwa penerbangan yang dilayani di Bandara Adi Soemarmo merupakan penerbangan domestik dan internasional. Maskapai penerbangan yang beroperasional adalah Garuda Indonesia, Lion Air, Batik, Citilink, Air Asia, Nam Air dan Super Air Jet.

Pada bulan Mei hingga Juli 2023 Adi Soemarmo juga melayani penerbangan internasional yang memberangkatkan Jamaah Haji Indonesia. Sedangkan pada bulan September, Adi Soemarmo secara perdana menerbangkan pesawat charter yang melayani Jamaah Umroh dengan rute direct Solo – Jeddah.

Dia menjelaskan untuk penerbangan umrah yang telah beroperasi sejak bulan September 2023, hingga saat ini masih beroperasi setiap hari Sabtu dengan rute direct Solo – Jeddah – Solo.

Erick berharap dengan penambahan jam operasional yang telah diberlakukan sejak 25 Oktober 2023 lalu bisa menambah frekuensi dan dapat mendongkrak jumlah penerbangan, penumpang dan kargo pesawat Udara di Bandara Adi Soemarmo.

“Kami optimistis untuk tahun 2024 industri penerbangan dapat bangkit kembali, begitu pula jumlah penerbangan, penumpang, dan kargo pesawat udara di Bandara Adi Soemarmo,” lanjut dia.

Sebagai penghargaan kepada pengguna jasa di akhir tahun 2023, Bandara Adi Soemarmo memberikan pengalungan bunga kepada penumpang terakhir tahun 2023 dan penumpang pertama tahun 2024 serta membagikan souvenir kepada para penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya