SOLOPOS.COM - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (infopublik.id)

Solopos.com, SOLO — Perry Warjiyo kembali diusulkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon Gubernur Bank Indonesia (BI) 2023-2028. Jokowi pun mengungkapkan alasan dia mengusulkan Perry Warjiyo sebagai calon Gubernur BI untuk dua periode.

“Gubernur BI kemarin sudah saya kirimkan nama ke DPR RI, itu Bapak Perry Warjiyo,” ujarnya usai meninjau Menara Pandang di Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023). Dia menjelaskan bahwa memilih kembali nama Perry untuk melanjutkan periode keduanya sebagai Gubernur BI atas pertimbangan yang matang.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Pasalnya, dia mengingatkan kondisi global yang masih tak kondusif. “Karena gini, jadi dalam situasi kegentingan global seperti ini kita tidak ingin mengambil risiko fiskal moneter itu menjadi sangat-sangat penting dan kita harus menempatkan orang-orang yang memiliki jam terbang yang tinggi memiliki pengalaman yang tinggi untuk berada di posisi itu,” pungkas Jokowi.

Untuk diketahui, masa jabatan Gubernur BI Perry Warjiyo segera berakhir pada Mei 2023. Informasi tersebut sudah dibenarkan Ketua Badan Anggaran DPR, MH Said Abdullah.

Dia mengatakan surat dari Presiden Jokowi tentang nama calon Gubernur BI sudah masuk ke parlemen pada hari ini, Rabu (22/2/2023). “Presiden Joko Widodo telah mengirimkan nama calon Gubernur BI ke DPR. Presiden Jokowi mengusulkan calon Gubernur BI adalah Bapak Perry Warjio, tentu saja kami perlu mengamankan kebijakan presiden, sebab kami bagian dari kekuatan politik yang mendukung pemerintah,” ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip, Rabu (22/3/2023).

Dia menilai Bank Indonesia perannya amat strategis. Tugas memastikan tingkat inflasi terkendali. Menurutnya, permasalahan inflasi ini menjadi urusan sangat penting. BI juga berwenang mengelola lalu lintas devisa, dan cadangan devisa negara,” ungkapnya.

Terbaru, Said mengatakan melalui Undang Undang No 4/2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) ditegaskan bahwa keseluruhan tugas dan kewenangan BI dalam menjalankan kebijakan makrorudential harus juga diletakkan dalam kerangka pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Terungkap! Alasan Jokowi Usulkan Perry Warjiyo jadi Gubernur BI 2 Periode.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya