SOLOPOS.COM - Antrean para pencari kerja mengular di depan pintu masuk Job Fair 2023 di Solo Grand Mall (SGM), Selasa (13/6/2023). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono).

Solopos.com, SOLO — Sejumlah perusahaan mengikuti Job Fair di Solo Grand Mall, Selasa – Rabu (12-13/6/2023). Beberapa perusahaan membutuhkan tambahan staf yang cukup banyak.

Staf Human Capital Representative Kawan Lama Group yang membawahi Ace Hardware, Informa, dan Chatime, Farida, Rabu, mengatakan rekrutmen Kawan Lama Group melalui acara job fair dilakukan untuk memenuhi kebutuhan beberapa karyawan di Solo, Jogja, Semarang, dan Kudus.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Kalau di Solo kami sedang butuh sales executive, pramuniaga, sama teknisi. Kemudian di Jogja kami membutuhkan posisi kasir dan barista untuk Chatime. Semoga kami mendapatkan peminat atau pelamar yang bisa kami proses di perusahaan agar bisa berkembang,” papar Farida saat ditemui Solopos.com di Job Fair Solo Grand Mall, Rabu (13/6/2023).

Farida mengatakan kebutuhan pramuniaga di Solo ada empat orang. Selanjutnya mereka juga memerlukan staf desain yang menggantikan orang-orang teknisi yaitu satu orang.

Staf kasir yang dibutuhkan di Jogja ada dua orang, sehingga menurut Farida kebutuhan mereka bervariatif meskipun tidak terlalu banyak.

Saat ini, ritel Kawan Lama Group sudah ada di Solo, Jogja, Magelang, Kebumen, Semarang, Purwokerto, Cilacap, dan Kudus. Beberapa lokasi toko mereka di Solo antara lain di Solo Paragon Mall dan Solo Square Mall.

Selanjutnya, perusahaan pialang saham asal Surabaya, PT First State Futures, juga membuka peluang pekerjaan. Perusahaan itu juga sudah memiliki cabang di Kota Solo.

HRD Manager PT First State Futures, Nuri Suryati mengatakan ada empat divisi di perusahaannya yang membutuhkan tambahan pegawai. Paling banyak yakni pada divisi marketing.

“Kurang lebih 20 sampai 30 karyawan, kemudian ada juga back office paling cukup satu dua orang. Di divisi marketing kami membutuhkan tiga sampai lima manager lalu sisanya staf marketing. Ini mengisi kebutuhan pegawai sehingga sifatnya tambal sulam,” papar Nuri saat dihubungi Solopos.com, Rabu.

Nuri mengatakan staf marketing di perusahaannya tidak berstatus pegawai tetap sehingga biasanya turnover rate cukup tinggi. Masa trial diberikan selama tiga bulan pertama, jika tidak terpenuhi maka mereka tidak ditawari pekerjaan lagi.

Menurut Nuri, bisnis pialang saham masih terus prospek dan membutuhkan banyak pegawai. Dia juga melihat banyak perusahaan mulai melakukan layoff dan PHK sehingga perusahaannya berani merekrut banyak tenaga kerja.

“Jadi kami di sini memberikan peluang sebagai perusahaan pialang di sini memberikan peluang bagi mereka yang ingin menjadi seorang entrepreneur menjadi seorang bisnis yang pebisnis berjiwa muda, tapi kita jembatan ini di sini untuk menjadi seorang financial planner, juga sebagai pebisnis lah karena kan perusahaan pialang ini kami juga termasuk di keuangan non-perbankan,” papar Nuri.

Menurut Nuri, pekerjaan marketing tidak membutuhkan spesifikasi dan syarat tertentu. Namun pekerja harus memiliki keteguhan tinggi. PT First State Future sudah memiliki cabang di Solo, Bali, Manado, dan Samarinda. Kantor pusat mereka berada di Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya