SOLOPOS.COM - Sejumlah pencari kerja mengunjungi lokasi Job Fair yang digelar di Solo Grand Mall (SGM), Selasa (23/1/2024). (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Job Fair di Solo Grand Mall (SGM) mulai digelar, Selasa (23/1/2024) dengan menawarkan banyak lowongan kerja. Bahkan ada lowongan kerja yang dibuka untuk semua jurusan pendidikan dan tanpa mensyaratkan pengalaman kerja.

Penanggung jawab acara Job Fair di SGM dari Jobfaircoid, Hanifah Dikna, mengatakan pada Job Fair yang akan berlangsung hingga 25 Januari 2024 itu menghadirkan sejumlah perusahaan yang bergerak di berbagai bidang usaha mulai dari perbankan, ritel hingga jasa.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

“Total ada 43 perusahaan yang tergabung. Untuk lowongan yang dibuka sekitar 400-500 lowongan,” kata dia, Selasa.
Lowongan yang tersedia di Job Fair tersebut juga tidak semuanya mensyaratkan pengalaman kerja atau hanya jurusan pendidikan tertentu. Dengan begitu pencari kerja yang baru saja lulus sekolah atau kuliah juga bisa mendaftar.

Seperti yang tersedia di booth Bank Mega. Ada dua lowongan kerja yang dibuka, yakni card funding officer (CFO) Retail dan Retail Funding Training Program (RFTP). Untuk CFO, terlihat beberapa syarat yang diminta salah satunya adalah lulusan D3/S1 semua jurusan dengan usia maksimal 34 tahun. Syarat lainnya adalah fresh graduate atau memiliki pengalaman sebagai sales, marketing/SPG/SPB, CS bidang apa saja minimal 6 bulan.

Resorce Specialist Bank Mega Jateng-DIY, Ari Priyanto, mengatakan pada Job Fair yang digelar di SGM tersebut pihaknya memberikan kesempatan bagi pelamar yang berminat, termasuk yang freshgraduate.

“Kami membuka, tidak ada pengalaman bisa, fresh [fresh graduate] oke,” kata dia, Selasa. Kemudian untuk jurusan pendidikan, menurutnya semua jurusan pendidikan bisa berkesempatan melamar pekerjaan tersebut.

“Tidak peduli jurusan apa, yang penting sudah lulus paling tidak D3. Namun minimal siapkan mental jika memang mau bekerja,” kata dia.

Kesempatan untuk fresh graduate juga diberikan di booth PT Infomedia Nusantara by Telkom. Junior Recruitment and Talent Sourcing Infomedia Nusantara by Telkom, Uce Ade, mengatakan dalam Job Fair tersebut pihaknya mencari tenaga kerja baik dari lulusan SMA/SMK maupun D3 dan S1.

“Untuk tenaga kerja yang dicari lebih ke skill, kami lebih banyak lowongan all majors. Sebab basic kami ada layanan contact center. Jadi memang lebih ke customer experience,” kata dia.

Selain itu pihaknya juga menerima tenaga kerja dari semua jurusan pendidikan. Menurutnya SDM fresh graduate diperlukan pada jenis-jenis pekerjaan tertentu seperti pada contact center dan lainnya.

“Untuk tingkat pendidikan SMA/SMK seperti untuk outbound call atau telemarketing. Kemudian untuk D3 dan S1 itu ada agent contacts center, hingga CS representatif,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya