SOLOPOS.COM - Petugas Terminal Tirtonadi mengadakan sidak di jalur Bus Priority pada Jumat (19/5/2023). Pihak terminal mengadakan sidak dilakukan untuk mengarahkan pengemudi ojek yang kerap masuk ke jalur Bus Priority menuju ke pintu khusus titik penjemputan dan pengantaran pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed. (ist).

Solopos.com, SOLO — Terminal Tirtonadi Solo mengadakan inspeksi mendadak (sidak) di jalur Bus Priority pada, Jumat (19/5/2023).

Pihak terminal mengadakan sidak untuk mengarahkan pengemudi ojek yang kerap masuk ke jalur Bus Priority menuju ke pintu khusus titik penjemputan dan pengantaran pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed, Gilingan, Banjarsari, Solo.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Dalam rilis yang diterima Solopos.com, Jumat (19/5/2023), Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Tirtonadi, Bandiyono, mengatakan maraknya pengemudi ojek yang masuk jalur Bus Priority ini salah satunya disebabkan oleh parkir khusus Masjid Raya Sheikh Zayed Solo yang ada di dalam Terminal Tirtonadi.

Hal ini harus diwaspadai, karena tidak menutup kemungkinan terjadinya kecelakaan antara sepeda motor dan bus.

“Bus Priority itu secara aturan kan hanya untuk bus. Jadi kendaraan lain tidak boleh lewat, termasuk pengantar penumpang, maupun ojek. Karena rawan kecelakaan,” ujarnya.

Bandiyono menjelaskan, jumlah pengemudi ojek yang nekat masuk jalur Bus Priority semakin hari semakin meningkat.

Ia menyebut, dalam satu hari tak kurang dari belasan pengemudi ojek yang masuk ke jalur Bus Priority untuk mengantar maupun mengambil penumpang yang akan menuju Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

“Nah, karenanya kita lakukan sidak, sekaligus sosialisasi aturan jalur Bus Priority ini.” Ujar dia.

Untuk itu, pihak Terminal Tirtonadi memberikan pintu khusus bagi pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed Solo untuk mengakses transportasi lanjutan (ojek). Pintu khusus ini berada disisi timur Terminal Tirtonadi.

“Kami fasilitasi. Pintu khusus di sisi timur Terminal, agar ojek tidak perlu masuk ke jalur Bus Priority. Di sana sudah kita siapkan batas pengantaran dan penjemputan ojek, sekaligus kita siapkan petugas keamanan kita,” ungkap Bandiyono.

Sementara, parkir gratis bagi bus pariwisata di Terminal Tirtonadi dilengkapi dengan adanya shuttle bus yang diselenggarakan oleh Dishub Pemkot Solo sebagai transportasi lanjutan.

Namun demikian, lantaran jumlah kunjungan yang besar, shuttle bus yang disediakan kerap kewalahan dalam memberikan layanan. Oleh karena itu, ojek jadi opsi lain untuk menuju Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya