SOLOPOS.COM - Pada tahun lalu, Alila Hotel Solo memiliki beberapa paket buka bersama yang bisa dinikmati bersama keluarga, kerabat, atau teman yakni Ramadan Lifestyle dan Magical Ramadan. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah hotel di Solo mempersiapkan paket buka bersama (bukber) puasa Ramadan. Hal ini biasa dilakukan untuk mengantisipasi sepinya tamu menginap selama Ramadan.

Salah satu hotel di Solo yang sudah melakukan persiapan untuk menyambut Ramadan yakni Mahalaya The Legacy Hotel.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Menurut Marcomm Manager Mahalaya The Legacy Hotel, Kezia Natasha Valentine, paket-paket Ramadan akan disiapkan pihak hotel guna menjaga sisi pendapatan hotel.

“Kami mengikuti permintaan, kalau Ramadan, [permintaan] kamar pasti ada penurunan. Semua hotel tentu akan menggenjot di sektor lain seperti paket buka bersama [bukber],” kata dia, Minggu (18/2/2024).

Dia mengatakan tahun lalu respons pengunjung dengan adanya paket bukber yang disiapkan Mahalaya The Legacy Hotel cukup bagus. Paket bukber tema Turki, cukup banyak diminati masyarakat.

Tahun ini dengan paket bukber bertema Maroko, pihaknya berharap akan mendapatkan sambutan yang tak kalah meriah dibandingkan tahun sebelumnya.

Belum lama ini, tepatnya pada, Rabu (21/2/2024), The Sunan Hotel Solo juga telah meluncurkan paket bukber untuk Ramadan 2024.

“Harapan kami, menjelang Ramadan ini masyarakat bisa mengetahui apa saja yang kami tawarkan selama Ramadan, termasuk paket bukber yang kami siapkan,” kata General Manager The Sunan Hotel Solo, Retno Wulandari, Rabu.

Sementara itu Senior Public Relation Lorin Solo Hotel, Dhani Wulandari, mengatakan tahun ini Lorin Solo akan memeriahkan Ramadan dengan paket yang telah disiapkan.

Dia berharap hadirnya serangkaian paket yang akan dibuka pada Ramadan nanti bisa mendorong pendapatan hotel.

“Diharapkan dengan adanya paket-paket khusus Ramadan nanti bisa mendongkrak revenue, khususnya di bidang food and beverage, sebab biasanya selama Ramadan, revenue dari room atau kamar turun,” kata dia, Kamis (22/2/2024).

Dia mengatakan, tren tahun lalu untuk paket bukber, mendapatkan respons yang sangat bagus. Paket yang disediakan banyak dimanfaatkan kalangan komunitas, personal, keluarga maupun corporate.

Untuk memeriahkan momentum Ramadan, Lorin Solo juga menyediakan paket hampers Lebaran dan halalbihalal.

Jika melihat momentum Ramadan di tahun sebelumnya, yakni di bulan Maret dan April, tingkat penghunian kamar (TPK) hotel bintang di Kota Solo berkisar 47%-50%.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Solo, TPK hotel bintang di Kota Solo pada bulan Maret 2023, tercatat sebesar 51,37%, mengalami kenaikan sebesar 1,21 poin dibanding TPK bulan Februari 2023 yang tercatat sebesar 50,16%.

Rata-rata Lama Menginap (RLM) seluruh tamu hotel bintang pada bulan Maret 2023 tercatat sebesar 1,43 hari, atau mengalami kenaikan 0,04 poin dibanding bulan Februari 2023 yang tercatat sebesar 1,39 hari.

Sedangkan TPK hotel bintang di Kota Solo pada bulan April 2023 tercatat sebesar 47,34%, mengalami penurunan sebesar 4,04 poin dibanding TPK bulan Maret 2023 yang tercatat sebesar 51,37%.

RLM seluruh tamu hotel bintang pada bulan April 2023 tercatat sebesar 1,34 hari, mengalami penurunan 0,09 poin dibanding bulan Maret 2023 yang tercatat sebesar 1,43 hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya